PBSI Akan Evaluasi Kekalahan Telak Kevin / Marcus di Final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 29 Apr 2019, 05:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2019, 09:16 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon

Bola.com, Kudus - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, kalah secara menyesakkan di final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan akan melakukan evaluasi setelah medapat laporan lengkap dari tim pelatih.

Kevin/Marcus dibuat tak berdaya ketika melawan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, pada final di Wuhan Sport Center, Minggu (28/4/2019). Pasangan berjuluk The Minions itu kalah dua gim langsung dengan skor 18-21, 3-21.

Kekalahan dengan skor telak memang menjadi hal yang tak biasa dialami The Minions. Hal itulah yang membuat Susy Susanti tak ingin terburu-buru menyimpulkan penyebabnya.

"Kami akan melakukan evaluasi permasalahannya. Apakah ada faktor non-teknis atau memang bermainnya tidak keluar. Ketika kalah, kami harus tahu penyebabnya. Jadi, nanti ke depan tidak diulangi lagi, " kata Susy Susanti di sela-sela peringatan HUT ke-50 PB Djarum, di Kudus, Minggu (28/4/2019).

"Namun, kami belum dapat laporan lebih terperinci apakah kekalahannya karena faktor daya tahan, strategi, atau kesehatan. Saya belum bisa mengatakan itu karena belum menerima laporan yang lengkap. Kami tidak bisa mengira-ngira seperti apa pemain di final," ujar Susy.

Susy Susanti berharap Minions segera kembali ke performa terbaik. Apalagi perhitungan poin kualifikasi menuju Olimpiade 2020 akan dimulai pada Selandia Baru Terbuka 2019, 31 April - 5 Mei.

"Yang pasti memang kami berharap Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bisa kembali semula karena Olimpiade sudah dekat," tegas Susy.