Sempat Kehilangan Gim Pertama, Ahsan / Hendra Juara Selandia Baru Terbuka 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 05 Mei 2019, 14:20 WIB
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan All England 2019

Bola.com, Auckland - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berhasil menjadi juara Selandia Baru Terbuka 2019 setelah di pertandingan final mampu mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, lewat rubber gim di Event Finda Stadium, Minggu (5/5/2019). Sempat kehilangan gim pertama, Ahsan/Hendra mampu menjadi juara dengan skor akhir 20-22, 21-15, dan 21-17.

Pertarungan menarik memang diperlihatkan oleh kedua pasangan sejak awal pertandingan. Ahsan/Hendra sempat unggul lebih dulu hingga 3-0 di awal gim pertama. Namun, kejar mengejar poin tidak bisa dihindari hingga akhirnya pasangan asal Jepang yang merupakan unggulan ketiga di turnamen ini pun mampu menutup gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Kehilangan gim pertama tampaknya cukup memengaruhi permainan Ahsan/Hendra di awal gim kedua. Ganda putra Indonesia yang karib disapa The Daddies itu sempat tertinggal 0-3 sebelum akhirnya mampu menyusul perolehan poin. Kejar mengejar poin di gim kedua berlangsung hingga 10-10. Namun, akhirnya Ahsan/Hendra mampu memperpanjang pertandingan dengan memenangi gim kedua 21-15.

Pertandingan semakin sengit di gim ketiga. Dalam gim penentuan tersebut, Ahsan/Hendra sempat lebih dulu tertinggal 8-11 pada separuh pertama gim penentuan tersebut. Namun, setelah berpindah area lapangan, keduanya langsung bangkit.

Perlahan tapi pasti, Ahsan/Hendra mengumpulkan pundi-pundi poin dan menahan Endo dan Watanabe di poin 12. Ahsan/Hendra mampu unggul 14-12 sebelum pasangan Jepang itu bisa menambah perolehan poin mereka. Namun, Ahsan/Hendra tak terkejar dan akhirnya menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-17.

Mohammad Ahsan pun mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil mereka torehkan di Selandia Baru Terbuka 2019. Ahsan pun menegaskan pentingnya turnamen tersebut untuk persiapan mereka ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

"Saya ucapkan syukur alhamdullilah, terima kasih kepada suporter yang telah memberikan dukungan luar biasa di sini. Turnamen ini sangat berarti bagi kami karena ini merupakan awal dari semua perjalanan menuju Olimpiade," ujar Ahsan saat diwawancara di tepi lapangan setelah memastikan diri menjadi juara Selandia Baru Terbuka 2019.