Mohamed Salah dan Mesut Ozil Pernah Tak Berpuasa saat Menjalani Laga Penting

Oleh Hesti Puji Lestari pada 07 Mei 2019, 22:30 WIB
Pesepakbola Gaji Tertinggi

Bola.com, Jakarta - Ramadan sebenarnya tidak menjadi penghalang bagi pesepak bola. Hanya, intensitas latihan yang berat, plus pertandingan yang melelahkan, menjadi pertimbangan bagi tim pelatih untuk menyarankan pemain tidak berpuasa, dan menggantinya pada hari yang tepat.

Tahun 2018, Mohammed Salah tidak menjalankan ibadah puasa karena harus bertanding di final Liga Champions 2018 yang mempertemukan Real Madrid dan Liverpool (26/5/2019).

Mesut Ozil juga juga tidak berpuasa selama memperkuat Jerman di Piala eropa 2016. Dalam wawancara bersama Fanatik (2/6/2016), Ozil menyebut cuaca menjadi alasannya tidak berpuasa dan menggantinya pada hari lain.

"Cuaca akan sangat panas dan turnamen akan berlangsung ketat, jadi saya tidak akan berpuasa selama Piala Eropa," kata Mesut Ozil.

Tahun ini, beberapa pemain muslim juga akan menjalani laga penting pada bulan Ramadan. Tiga pemain Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech, Zakaria Labyad, dan Noussair Mazraoui, disarankan untuk tidak berpuasa oleh pelatih kebugaran Raymond Verheijen.

Verheijen mengatakan, jika mereka memaksakan berpuasa, dikhawatirkan energi ketiga pemain itu akan berkurang dan aliran darah menjadi sedikit.

Ajax akan menjamu Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019 di Amsterdam Arena, Kamis, (9/5/2019) pukul 02.00 WIB. 

“Pertama, karena ditakutkan setelah berlatih cukup keras, ritme tubuh mereka menjadi terganggu. Kondisi yang paling tidak diharapkan ialah energi berkurang, dan aliran darah ke otak menjadi sedikit,” kata Verheijen seperti dikutip dari Telegraaf, Senin (6/5/2019).

Tahun lalu, tim pelatih Liverpool memberikan program khusus kepada Mohamed Salah. Bintang Mesir itu mengganti ibadah puasanya pada hari lain.

"Kami di Marbella dan seorang nutrisionis telah memberikan rencana khusus untuk Mohamed Salah, saat pertandingan ia tidak akan berpusa," ungkap fisioterapis Liverpool, Ruben Pons, seperti dikutip dari Liverpool Echo, Mei 2018. 

Sumber: Telegraaf, Liverpool Echo, Fanatik

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 2

Mengganti pada Hari Lain

Hakim Ziyech
Hakim Ziyech (AFP)

Larangan puasa yang dilontarkan pelatih kebugaran Ajax Amsterdam tersebut tentu akan menimbulkan pro dan kontra. Verheijen dan pelatih Erik Ten Hag tetap mengembalikan keputusan itu kepada pemain.

Bahkan, ia menjelaskan, tak ada yang melarang Hakim Ziyech, Noussair Mazraoui, dan Zakarya Labyad untuk menjalankan puasa. Ketiga bintang de Godenzonen itu boleh menggantinya pada hari lain.

“Mereka dapat mengganti ibadah puasa mereka nantinya. Bukankah hal tersebut diperbolehkan?” ucap Verheijen.

“Tentu saja saya tidak tahu apa keputusan ketiganya. Mereka dapat mengganti puasa Ramadan mereka dan itu tak mengganggu keimanan mereka.” tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓