Setelah 35 Tahun Belanda Akan Kembali Gelar Balapan F1

Oleh Hesti Puji Lestari pada 14 Mei 2019, 23:30 WIB
Max Verstappen

Bola.com, Amsterdam - Grand Prix Formula 1 (F1) akan kembali pentas di Belanda pada 2020. GP Belanda akan digelar di Sirkuit Zandvoort, di Noord Holland. 

Balapan F1 sudah sangat lama absen dari Belanda, tepatnya selama 35 tahun. Dalam beberapa bulan terakhir sudah santer terdengar soal kemungkinan F1 GP Belanda akan kembali ke kalender. Spekulasi tersebut akhirnya resmi menjadi kenyataan.   

"Kami dengan gembira mengumumkan bahwa Formula 1 kembali ke Belanda, di lintasan Zandvoort," kata CEO dan chairman F1, Chase Carey, seperti dilansir Crash, Selasa (14/5/2019). 

"Sejak awal petualangan kami di F1, kami sudah mengatakan ingin beberapa venue baru, sembari tetap mempertahankan jalur-jalur bersejarah di Eropa. Musim depan akan ada balapan di Hanoi, Vietnam, begitu juga dengan kembalinya Zandvoort, setelah absen selama 35 tahun. Trek tersebut turut berkontribusi memopulerkan olahraga ini ke seluruh dunia," imbuh Carey. 

Carey mengatakan antuasiasme publik Belanda terhadap F1 meningkat dalam beberapa tahun terakhir, karena kehadiran Max Verstappen. 

"Kami melihat lautan warna oranye dalam beberapa balapan. Tak diragukan lagi oranye bakal jadi warna dominan di grandstand Zandvoort tahun depan," imbuh Carey. 

Terletak tidak jauh dari Amsterdam yang semarak, Zandvoort adalah resor pantai utama di Belanda yang dikenal karena garis pantainya yang panjang.

Lintasan dan infrastruktur di Zandvoort akan dimodifikasi untuk memenuhi standar yang ditetapkan F1 untuk menjadi venue balapan musim depan.