Australia Terbuka 2019: Kisah Lebaran Atlet Bulutangkis Indonesia yang Jauh dari Keluarga

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Jun 2019, 21:05 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Fuzhou China Terbuka 2018

 

Bola.com, Sydney - Sejumlah pebulutangkis Indonesia harus merasakan pengalaman merayakan hari raya Idulfitri ketika tengah menjalani tugas negara, seperti yang kini dilakukan Muhammad Rian Ardianto dkk yang tengah berlaga di Australia Terbuka 2019. Rian Ardianto dan Annisa Saufika mengungkapkan pengalaman tersebut.

Bagi Rian Ardianto, merayakan lebaran di luar negeri menjadi pengalaman pertama baginya. Meski sedih, pebulutangkis ganda putra yang merupakan pasangan dari Fajar Alfian itu senang karena mendapatkan pengalaman merayakan Idulfitri di luar negeri.

"Ini pertama kalinya saya lebaran jauh dari keluarga. Biasanya selalu bareng keluarga. Rasanya pasti sedih, karena biasanya berkumpul bersama-sama. Namun, ini menjadi pengalaman baru, di mana untuk pertama kalinya saya berlebaran di luar negeri," ujar Rian dalam rilis PBSI.

Lain Rian, lain pula Annisa Saufika. Pebulutangkis putri yang turun di nomor ganda campuran itu tercatat sudah dua kali merayakan Idulfitri di luar negeri. Pengalaman pertama dirasakannya ketika turun di Singapore International Challenge pada lima tahun silam.

Kendati sudah pernah merasakan pengalaman tersebut, Annisa tetap merasa sedih karena tak bisa merayakannya bersama keluarga.

"Sedih banget rasanya. Waktu salat juga ingin menangis karena ingat keluarga. Selain itu, ada beda zona waktu, jadi tidak bisa langsung video call dengan keluarga di Indonesia," kisah Annisa.

"Namun, untungnya di sini banyak orang Indonesia, seperti kakaknya Frengky Wijaya Putra (pemain ganda putra). Setelah salat Ied diajak ke apartemennya untuk makan ketupat dan opor," lanjutnya.

Para pebulutangkis Indonesia memang terpaksa melakukan perayaan Idulfitri 2019 di Australia. Jadwal turnamen Australia Terbuka 2019 digelar sejak Selasa (4/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019).