Kalahkan Anthony Ginting Lewat Rubber Gim, Jonatan Christie Juara Australia Terbuka 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 09 Jun 2019, 14:12 WIB
Jonatan Christie, Piala Sudirman 2019

Bola.com, Sydney - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil menjadi juara Australia Terbuka 2019 setelah di laga final mengalahkan kompatriotnya, Anthony Ginting, di Quaycentre, Sydney, Minggu (9/6/2019) siang. Keduanya bermain bagus hingga rubber gim. Namun, Jonatan mampu memperlihatkan performa yang lebih baik dengan kemenangan 21-17, 13-21, dan 21-14.

Jojo mengawali gim pertama dengan sangat baik. Poin demi poin diraihnya baik lewat pukulan yang tak bisa dikembalikan atau kesalahan yang dilakukan oleh Anthony Ginting.

Jojo sempat unggul enam poin tanpa balas. Anthony baru berhasil mendapatkan poin pertamanya setelah tertinggal 0-6 lebih dulu dari Jojo.

Seperti terlambat panas, Anthony Ginting mulai mendapatkan poin demi poin. Pebulutangkis asal Cimahi, Jawa Barat, itu berusaha untuk mengejar ketinggalan poin.

Namun, poin demi poin juga mampu diraih oleh Jonathan Christie. Jojo pun unggul 11-6 dalam separuh gim pertama.

Pertarungan kedua pebulutangkis andalan Indonesia di sektor tunggal putra ini semakin menarik. Anthony Ginting terus berusaha mengejar dan meraih poin lewat pukulan dropshot yang bagus.

Namun, Anthony gagal untuk bisa menyamai perolehan poin Jonatan. Akhirnya Jojo memenangi gim pertama dengan kedudukan 21-17.

Gim kedua berlangsung lebih menarik. Anthony Ginting dan Jonatan Christie kejar mengejar poin hingga 3-3. Namun, Jojo mulai mendapatkan celah untuk mengumpulkan poin demi poin dan unggul 7-3.

Anthony tak mau menyerah dan memperlihatkan permainan yang lebih berani. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Jojo pun membuat Anthony akhirnya menyamakan poin menjadi 8-8.

Akhirnya Anthony Ginting pun berbalik unggul dan mampu unggul 11-9 atas Jonatan Christie dalam separuh gim kedua. Anthony pun berusaha mempertahankan keunggulannya.

Dengan konsistensi penampilan yang baik, Anthony Ginting pun mampu unggul jauh dari Jonatan Christie. Anthony sukses menutup gim kedua dengan keunggulan 21-13 dan memaksa pertandingan final Australia Terbuka 2019 itu dilanjutkan dengan rubber gim.

Kedua pebulutangkis Indonesia ini kembali kejar-kejaran poin di awal gim penentuan. Keduanya bermain apik dengan reli-reli panjang yang membuat kedudukan imbang 5-5 yang berlanjut hingga 8-8. Namun, pada akhirnya Jojo berhasil unggul 11-8 di separuh gim ketiga itu.

Jonatan pun mulai berusaha meninggalkan Anthony dengan jarak yang cukup jauh. Bahkan Jojo membuat Anthony tak mendapatkan satu poin pun hingga unggul 15-8.

Anthony mulai kembali bangkit dan meraih poin demi poin, di mana ia sempat memperkecil jarak dengan kedudukan 14-17. Namun, Jojo kembali bangkit dan meraih tiga poin berturut-turut untuk unggul jauh 20-14.

Permainan reli panjang di antara kedua pebulutangkis andalan Indonesia itu pun berakhir dengan pukulan dropshot Jonatan yang tak mampu dikembalikan oleh Anthony. Jojo menutup gim ketiga dengan keunggulan 21-14 dan resmi menjadi juara di Australia Terbuka 2019.