Timnas Basket Putra Indonesia Masuk Grup Maut Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021

Oleh Wiwig Prayugi pada 09 Jun 2019, 19:15 WIB
Timnas Basket Putra Indonesia Kalah Telak dari Korea

Bola.com, Jakarta - Timnas Basket Putra Indonesia masuk grup neraka pada Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021.

Dalam pengundian yang digelar di Bangalore, India, Sabtu (8/6/2019) malam, Indonesia tergabung di Grup A. Tiga tim tangguh sudah menanti, yakni Filipina, Thailand, dan Korea Selatan.

Seperti diketahui, Filipina merupakan rajanya bola basket Asia Tenggara. Filipina mendominasi perolehan medali emas cabang bola basket SEA Games. Sepanjang sejarah, Filipina mengumpulkan 17 dari total 19 medali emas hingga SEA Games 2017 di Malaysia.

Pada ajang Asian Games, Filipina empat kali meraih medali emas, satu perak, dan empat perunggu.

Thailand juga menjadi pesaing berat Indonesia. Meski belum pernah meraih medali emas, Thailand sudah tujuh kali menjadi runner-up.

Korea Selatan diyakini bakal menjadi tim terkuat di grup ini. Korsel peraih empat medali emas pada Asian Games. Pada Asian Games 2018, Korsel meraih medali perunggu bersama Chinese Taipei.

Dalam Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021, ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi enam grup. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final. Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta.

Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020.