Lee Chong Wei Pensiun dari Bulutangkis

Oleh Yus Mei Sawitri pada 13 Jun 2019, 13:49 WIB
Lee Chong Wei

Bola.com, Jakarta Mantan pemain nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis, Kamis (13/6/2019). Lee Chong Wei mengakhiri karier gemilang di bulutangkis yang sudah dijalaninya selama 19 tahun. 

Keputusan Chong Wei sebenarnya tidak terlalu mengagetkan. Dia sudah hampir setahun absen dari lapangan bulutangkis. 

"Hari ini semua orang tahu kurang-lebih apa tujuan saya mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan pensiun dari olahraga ini setelah 19 tahun," kata Chong Wei, seperti dilansir The Star

"Ini keputusan yang berat. Tapi saya tak punya pilihan lain setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu. Saya ingin berterima kasih kepada masyarakat Malaysia," imbuh dia. 

"Saya ingin berterima kasih kepada orang-orang KBS, ISN. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh pelatih saya, Datuk Misbun Sidek, Datuk Tey Seu Bock," kata Chong Wei yang tak kuasa menyembunyikan kesedihan.

Chong Wei menghilang dari lapangan bulutangkis setelah didiagnosis mengalami kanker hidung pada Juli 2018. Setelah menjalani perawatan di Chinese Taipei, dia mengumumkan pada November belum punya rencana untuk pensiun. Chong Wei masih bertekad mengejar medali Olimpiade di Tokyo pada 2020. 

Lee Chong Wei sangat penasaran karena belum pernah mengoleksi gelar bergengsi tersebut. Prestasi terbaiknya di ajang itu menjadi runner up sebanyak tiga kali, yaitu pada Olimpiade Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016.

 

 

2 of 2

Isyarat Lewat Pantun

Chong Wei sebenarnya sudah kembali berlatih pada awal Januari 2019 dan awalnya menargetkan kembali ke kompetisi pada All England 2019 (Maret) dan Malaysia Terbuka (April). Namun, rencana itu tak pernah terealisasi. 

Namun, belakangan ini dia tak lagi berlatih. Dia sudah tak terlihat di lapangan latihan selama enam pekan. 

Lee Chong Wei sudah mengisyaratkan bakal pensiun ketika membuat pantun saat menucapkan selamat Idulfitri melalui akun Istragramnya, 5 Juni 2019. 

"Chong Wei sudah melakukan segala upaya, tapi belum berdaya meraih emas Olimpiade. Kepada semua Selamat Hari Raya. Mohon maaf atas segalanya," tulis Chong Wei.

Ada momen ketika Chong Wei menunjukkan sedang melaju di jalur yang benar untuk comeback. Dia menulis di akun Facebooknya pada 4 April, mengungkapkan gairahnya untuk bersaing di Olimpiade, dan mengulangi rivalitas panjangnya dengan Lin Dan. 

Namun, setelah beberapa kali gagal mendapat lampu hijau dari dokter, Chong Wei terpaksa menerima petualangan panjangnya di bulutangkis segera berakhir. Dia akhirnya memilih 13 Juni 2019 sebagai garis finis dari perjalanan gemilangnya di kancah bulutangkis dunia. 

Lanjutkan Membaca ↓