Sukses


1.225 Pebulutangkis dari 6 Negara Bakal Tampil di Djarum Sirnas Jabar

Bola.com, Bandung - Sebanyak 1.225 atlet dari 165 klub asal enam negara akan mengikuti kejuaraan bulutangkis Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Premier Li Ning - Jawa Barat Open 2019 yang akan dimulai pada Senin (24/6/2019) hingga Sabtu (29/6/2019).

Kejuaraan itu akan digelar di tiga GOR di Kota Bandung, yakni GOR Bandung, GOR Pajajaran, dan GOR Tri Lomba Juang.

Ketua Bidang Turnamen, Perwasitan dan Referee Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Eddiyanto Sabarudin mengatakan, gelaran sirnas di Kota Bandung, Jabar ini merupakan seri ketiga dari total delapan seri yang akan digelar tahun 2019.

Gelaran sirnas kali ini pun menjadi gelaran sirnas kategori premier kedua setelah digelar di Purwokerto (Jateng) dari empat gelaran sirnas tahun 2019 katageori premier.

"Ini rekor penyelenggaraan Sirnas dengan jumlah peserta terbanyak. Sirnas kali ini akan menggelar 1.276 pertandingan," ujar Eddi saat sesi jumpa pers di Ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (23/6/2019).

Menurut Eddi, persaingan Sirnas kali ini dipastikan akan ketat. Itu karena adanya atlet asal luar negeri dan atlet pelatnas pratama.

"Atlet yang dipersiapkan masing-masing provinsi untuk babak kualifikasi PON XX pun pasti akan hadir sebagai ajang uji coba. Sirnas di Pulau Jawa, khususnya di Bandung, selalu jadi acuan bagi para atlet untuk memuluskan impian mereka lolos ke pelatnas bulutangkis di Cipayung. Jadi persaingan akan ketat," jelas Eddi, yang juga Ketua Tim Monitoring Evaluasi Djarum Sirkuit Nasional Premier Li Ning - Jawa Barat Open 2019.

 

2 dari 2 halaman

Persaingan Sengit

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PBSI Jabar, Umar Djaidi, sangat kaget dengan jumlah atlet yang dikirimkan oleh klub-klub bulutangkis besar di Indonesia.

Djarum yang mengirimkan 147 atlet dan Jaya Raya 149 atlet. Dua klub besar itu menjadi klub yang paling banyak mengirimkan atletnya.

"Djarum, Jaya Raya, dan klub-klub besar lain pun mengirimkan full team atau atlet utama mereka di sirnas kali ini. Seperti Exist, Mutiara, dan SGS Elektrik. Persaingan diantara klub besar itu pasti akan sangat ketat terutama di kelompok dewasa dan taruna yang digelar di GOR Bandung," kata Umar.

Persaingan ketat juga akan terjadi di kelompok remaja dan pemula yang digelar di GOR Pajajaran dan GOR Tri Lomba Juang. Kelompok remaja dan pemula, menjadi kelompok usia dengan jumlah atlet terbanyak.

"Di remaja dan pemula ada 16 atlet yang harus terlebih dahulu memperebutkan satu tiket di babak kualifikasi untuk bisa bermain di babak utama. Jadi gelaran sirnas di Jabar kali ini akan lebih gereget di masing-masing GOR karena seluruh klub memanfaatkan even ini untuk meraih poin dan memperbaiki peringkat," tegasnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Gianto Hartono menuturkan, persiapan untuk pelaksanaan pertandingan Djarum Sirnas Premier Li Ning - Jawa Barat Open 2019 sudah mencapai 95 persen. Saat ini pihaknya sedang menyelesaikan penataan lapangan, pencahayaan, dan parkir.

"Kami ingin memastikan setiap GOR dan lapangan yang digunakan benar-benar qualified untuk gelaran Djarum Sirnas Premier Li Ning - Jabar Open 2019," ujar Gianto.

Gianto meyakinkan gelaran sirnas di Jabar kali ini akan berbeda dari pelaksanaan sirnas seperti biasanya. Pihaknya akan melakukan penayangan video dari kiprah setiap legenda bulutangkis di Indonesia, seperti Rudy Hartono, Liem Swi King, Susi Susanti, dan Taufik Hidayat

Video Populer

Foto Populer