Sukses


Erick Thohir Ingin Memuluskan Langkah Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Bola.com, Jakarta - Erick Thohir membawa misi khusus setelah terpilih sebagai anggota baru Komite Olimpiade Internasional (IOC). 

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu ingin memuluskan langkah Indonesia dalam mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

"Dalam konteks usaha Indonesia untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, adanya perwakilan perorangan di IOC merupakan hal positif," ungkap Erick.

Selain itu, Erick juga ingin Indonesia lebih sering menggelar ajang olahraga internasional.

"Indonesia bisa terus meningkatkan hubungan baik dengan IOC dan negara-negara anggota lainnya untuk memajukan prestasi olahraga nasional dan menggelar banyak ajang olahraga internasional, serta terus berkampanye tentang gerakan olimpiade dan membina generasi muda dengan menyebarkan semangat persahabatan, solidaritas, dan fair play," katanya.

Rekam jejak Erick Thohir di dunia olahraga memang mentereng. Tak hanya bergaung di Indonesia, namun juga di dunia. Saat ini Erick Thohir tercatat sebagai Central Board Member di FIBA (Federasi Basket Internasional).

Di dunia sepak bola, saat ini Erick Thohir adalah Dewan Klub Oxford United dan sebelumnya adalah Presiden Inter Milan. Dia juga sukses menggelar Asian Games 2019 selaku ketua KOI dan Ketua Inasgoc.

2 dari 2 halaman

Olimpiade 2032

Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dan bakal bersaing dengan India dan gabungan Korea Selatan-Korea Utara. 

Indonesia percaya diri mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade setelah sukses menggelar Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang. 

Jika berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia menjadi negara keempat di Asia yang melakukannya. Tiga negara Asia yang sebelumnya pernah menggelar Olimpiade adalah Jepang, China, dan Korea Selatan.

Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 pernah diungkapkan secara lisan oleh Joko Widodo. Hal itu dilakukan saat Thomas Bach mengunjungi Indonesia pada 2018.

IOC akan memilih tuan rumah rumah Olimpiade 2032 pada 2025. Olimpiade 2020 digelar di Jepang, disusul Paris sebagai tuan rumah Olompiade 2024. Los Angeles juga sudah ditetapkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. 

Selain Olimpiade, Indonesia juga telah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia juga berpeluang maju dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama negara ASEAN atau Australia.

Video Populer

Foto Populer