Sukses


Indonesia Sabet 4 Emas pada Hari Kedua SEA Age Group Swimming Championship 2019

Bola.com, Phnom Penh - Tim renang junior Indonesia kembali mempersembahkan 4 medali Emas di hari kedua SEA Age Group Swimming Championship 2019 di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/6/2019). Bahkan Indonesia mendapatkan tambahan delapan medali pada hari kedua, yang membuat perolehan medali Indonesia kini mencapai 15 medali, di mana 8 di antaranya adalah medali emas.

Setelah pada hari pertama empat medali emas datang dari para perenang putri Indonesia, maka pada hari kedua sebuah medali emas dipersembahkan oleh perenang putra junior Indonesia, Farrel Armandio Tangkas. Farrel meraih medali emas setelah menjadi yang tercepat di nomor 200 meter gaya punggung putra dengan catatan 2 menit 04,85 detik.

Selain itu, Azzahra Permatahani, perenang putri yang sudah mempersembahkan dua medali emas pada hari pertama, kembali mempersembahkan dua medali emas pada hari kedua. Kali ini Azzahra mendapatkan emas dari nomor 200 meter gaya punggung putri dengan catatan 2 menit 20,42 detik dan dari 400 meter gaya ganti putri dengan catatan 4 menit 56,40 detik.

Azzahra pun kini tercatat sudah meraih empat medali emas di SEA Age Group Swimming Championship 2019.

Sementara itu, satu medali emas lain di hari kedua dipersembahkan oleh Adelia. Atlet renang putri yang sudah mempersembahkan medali emas lewat nomor 50 meter gaya dada putri pada hari pertama itu, kini mendapatkan medali emas keduanya dengan menjadi yang tercepat di nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan 1 menit 12,97 detik.

Tak hanya meraih medali emas untuk kedua kalinya di SEA Age Group Swimming Championship 2019, Adelia pun menorehkan rekor lewat keberhasilannya pada hari kedua ini. Catatan waktu yang dimiliki Adelia memecahkan rekor kelompok umur nasional, di mana rekor sebelumnya adalah 1 menit 13,48 detik.

2 dari 3 halaman

Tambahan 1 Perak dan 3 Perunggu

Selain meraih empat medali emas di hari kedua, tim renang junior Indonesia ini juga menyabet empat medali lainnya. Satu medali perak dan tiga medali perunggu menjadi tambahan pundi-pundi tim Indonesia di SEA Age Group Swimming Championship 2019.

Cahya Erinjaya, yang pada hari pertama meraih medali perunggu dari nomor 50 meter gaya dada, kini memperbaiki prestasinya dengan meraih medali perak pada hari kedua dari nomor 100 meter gaya dada putra. Cahya Erinjaya mencatatkan waktu 1 menit 08,22 detik, terpaut 1,16 detik di belakang perenang Vietnam, Thanh Duoc.

Sementara itu, tiga medali perunggu untuk Indonesia pada hari kedua ini dipersembahkan oleh Angel Gabriel Yus, Andi Muhammad Nurizka, dan Elysha Chloe Pribadi.

Angel Gabriel Yus meraih medali perunggu dari nomor 200 meter gaya bebas putri dengan catatan 2 menit 06,70 detik, terpaut 1,07 detik dari perenang Filipina, Xiandi N Chua, yang meraih medali emas dari nomor tersebut.

Andi Muhammad Nurizka meraih medali perunggu dari nomor 100 meter gaya dada putra dengan catatan 1 menit 05,13 detik. Sementara itu, Elysha Chloe Pribadi meraih medali perunggu lewat nomor 10 meter gaya dada putri dengan catatan waktu 1 menit 16,48 detik, atau terpaut 3,51 detik dari Adelia yang meraih medali emas di nomor yang sama dan menorehkan rekor nasional.

Dengan semua torehan tersebut, tim renang junior Indonesia hingga hari kedua SEA Age Group Swimming Championship 2019 telah mengemas 8 medali emas, 2 medali perak, dan 5 medali perunggu. Catatan tersebut masih bisa bertambah mengingat lomba renang level Asia Tenggara untuk kategori junior itu masih digelar pada hari terakhir, Minggu (30/6/2019).

3 dari 3 halaman

Perasaan Adelia Persembahkan Medali Emas

Perasaan bahagia diungkapkan oleh seorang atlet putri Indonesia yang sukses meraih medali emas dalam dua hari berlomba di Phnom Penh. Atlet bernama Adelia itu merasa bersyukur bisa meraih medali emas pertamanya di SEA Age Group Swimming Championship pada tahun ini.

Perenang berusia 15 tahun itu meraih emas di nomor 50 meter gaya dada putri dengan catatan waktu 33,74 detik pada hari pertama. Sementara pada hari kedua, Adelia juga menyabet medali emas di nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan 1 menit 12,97 detik.

"Alhamdulillah ini SEA Age kedua yang pernah saya ikuti. Saya bersyukur bisa meraih medali emas pertama saya. Pada hari pertama dapet emas nomor 50 m dada dan 100 m dada di hari kedua. Rasanya senang skali, semoga ini jadi awal yang baik dan motivasi untuk meraih prestasi sebaik mungkin," ujar Adelia seperti tertera dalam rilis PRSI yang diterima Bola.com.

Video Populer

Foto Populer