Sukses


Atlet Panjat Tebing Alfian M. Fajri Jadi Juara Dunia di Prancis

Jakarta, - Atlet pelatnas panjat tebing, Alfian M. Fajri, memberi kabar gembira untuk Indonesia. Ia kembali menyabet gelar juara dunia dari nomor speed world record. Medali emas kali ini diraih dari ajang IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, Jumat (9/7/2019).

Alfian berhasil menjadi yang tercepat setelah mengalahkan atlet panjat tebing asal China, Zhong Qixin. Atlet asal Solo, Jawa Tengah, ini menorehkan catatan waktu 5,764 detik, sedangkan Zhong Qixin 6,382 detik.

Alfian mengungkap kunci kemenangannya adalah ketenangan. Saat mampu menguasai diri dan fokus, dia berhasil menjadi yang terbaik.

"Saya merasa makin tenang dalam menghadapi tekanan," ujar Alfian di sela persiapan upacara penyerahan medali di Chamonix, Prancis.

Untuk medali perunggu diraih Vladislav Deulin dengan catatan waktu 6,057 detik. Deulin unggul setelah lawannya asal Ukraina, Danyil Boldyrev, mengalami fall.

"Di era speed, ini pertama kalinya kita juara dunia di Eropa," ujar Pristiawan Buntoro, manajer timnas panjat tebing.

2 dari 2 halaman

Gagal

Selain Alfian, Aspar Jaelolo juga lolos ke putaran final. Hanya, dia gagal melaju ke perempat final.

Di nomor speed putri, Aries Susanti Rahayu dan Nurul Iqamah juga berhasil lolos ke putaran final. Aries gagal di perebutan perunggu, sedangkan Nurul gagal melaju ke perempat final.

Alfian juga pernah meraih juara dunia di IFSC Worldcup Chongqing, China, pada November 2018. Ketika itu Alfian menorehkan catatan waktu 5,970 detik.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer