Sensasi Offroad Bersama Komunitas Motor Honda di Semarang

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Jul 2019, 06:30 WIB
Offroad, Motocross, Honda

Bola.com, Semarang - Astra Honda Motor (AHM) menyambut digelarnya balap dunia motocross MXGP 2019 di Semarang, Minggu (14/7/2019), dengan cara yang unik. Perusahaan manufaktur dan distributor sepeda motor Honda itu menggelar kegiatan touring trabasan bersama di Ungaran, Semarang, Sabtu (13/7/2019), yang diikuti komunitas offroad di Semarang, blogger, dan jurnalis.

Bola.com mendapatkan kesempatan untuk ikut ambil bagian dalam touring tersebut. Menempuh jarak sepanjang 50 kilometer untuk etape pertama, touring dimulai dari Astra Honda Motor Jawa Tengah menuju Sampangan dan Universitas Negeri Semarang.

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, menyebut kegiatan touring menggunakan Honda CRF150L akan menambah animo jurnalis, blogger serta komunitas di dunia offroad, yang pada kesempatan ini melibatkan komunitas Trail Off Road Semarang Independent (TORSI).

"Nikmatilah sensasi keseruan berkendara dengan performa tinggi mesin 150cc SOHC dan beragam fitur yang dapat memberikan kemampuan jelajah optimal dan menyenangkan," ujar Thomas sesaat setelah melepas rombongan touring yang diberi tajuk Broventure ini.

Rombongan touring trabasan di Ungaran, Semarang, berfoto di Kantor Astra Honda Motor Jawa Tengah sebelum menjalani perjalanan offroad, Sabtu (13/7/2019). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Kemudian kegiatan tersebut semakin menarik setelah area touring beralih dari jalanan aspal menuju area offroad. Dalam pengamatan Bola.com, yang mendapatkan kesempatan menjajal Honda CRF150L yang memang biasa digunakan on-off road, area offroad yang dilalui merupakan kebun karet, rambutan, dan cengkeh.

Perjalanan selama 50 kilometer itu pun semakin menarik karena permukaan jalanan yang sangat bervariasi. Jalan bebatuan, kerikil, tanah, lumpur dan area jalan setapak di pinggir sawah menjadi tantangan untuk berkendara.

Jalur yang dilewati tergolong mudah bagi komunitas off road. Namun, bagi para jurnalis yang baru pertama kali menjajal motor trail di area off road, tentu tidak mudah. Namun, terpacunya adrenalin melihat aksi komunitas yang tampak menikmati serunya perjalanan, para jurnalis pun tidak mau melewatkan momen tersebut.

Setelah 50 kilometer etape pertama dilalui, rombongan sempat beristirahat makan siang. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke etape kedua sejauh 28 kilometer dengan jalur yang lebih menantang, seperti hutan dan sungai. Rute ini termasuk mendaki menuju Umbul Sidomukti dan dari situ rombongan bisa melihat Ungaran dari ketinggian. Namun, dengan ketangguhan Honda CRF 150L, semua area bisa dilewati dengan baik.

2 of 2

Kegiatan Menantang di Sela Meliput MXGP 2019 Seri Semarang

Offroad, Motocross, Honda
Aksi jurnalis di sela kegiatan touring trabas di Ungaran, Semarang, Sabtu (13/7/2019). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Dalam perjalanan 50 kilometer pada etape pertama yang diikuti oleh para jurnalis, termasuk Bola.com, jalur yang dilewati memang tidak terlalu sulit dibandingkan etape kedua. Suasana ngeri-ngeri sedap terasa, terutama bagi yang baru pertama kali merasakan kegiatan offroad.

Bahkan bukan tidak mungkin ada yang terpisah di jalur kebun karet. Jurnalis Bola.com pun sempat terpisah dengan rombongan dan mencari jalan sendiri mengikuti suara-suara knalpot yang menderu di tengah hutan. Sekitar 15 menit mencari arah, akhirnya bisa kembali bergabung bersama rombongan.

Selain jalur bebatuan dan tanah berundak-undak, tidak sedikit area tanjakan dan turunan terjal yang harus dilewati. Bahkan kehilangan keseimbangan hingga terjatuh dari motor pun menjadi pengalaman yang cukup mendebarkan selama mengikuti touring tersebut.

Sejumlah kesulitan dirasakan oleh jurnalis Bola.com saat memacu Honda CRF150L yang terkenal tangguh. Kondisi roda belakang yang terperangkap di area tanah yang membuat ban selip, hingga terjatuh karena gagal menjaga keseimbangan membuat jantung berdetak cukup kencang.

Hal yang sama juga dirasakan oleh seorang jurnalis media online nasional dari Jakarta. Pengalaman pertama mengendarai motor trail di area offroad menjadi tantangan tersendiri baginya, yang sulit tapi menantang.

"Seru sekali touringnya. Ini pertama kali saya melakukan offroad. Agak takut di beberapa area, terutama tanjakan. Tapi, semua menarik dan saya mau mencobanya," ujar Yudhi Maulana, seorang jurnalis media online nasional dari Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓