Waduk Jatiluhur Dinilai Layak untuk Mengenal dan Belajar Dayung Berdiri

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Jul 2019, 22:00 WIB
Stand up paddleboard

Bola.com, Purwakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Waduk Jatiluhur sebagai satu di antara venue untuk olahraga air stand up paddleboard (dayung berdiri) dan kayak. 

Peresmian itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Minggu (14/7/2019). Pria yang akrab disapa Kang Emil itu berharap, Waduk Jatiluhur bisa menjadi daerah sport tourism dengan adanya event seperti The 1st Jatiluhur Stand up Paddle & Kayak Exhibition 2019.

Hal ini juga mendapat dukungan dari Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, yang juga penggiat dayung berdiri. Menurut Agus Susanto, Waduk Jatiluhur sudah memenuhi standar untuk menggelar kejuaraan stand up paddleboard (dayung berdiri) dan kayak.

Kondisi airnya yang tenang juga bisa menjadikan venue itu sebagai tempat mengenal serta belajar stand up paddleboard (dayung berdiri) dan kayak.

"Saya kira ini (Waduk Jatiluhur) sangat bagus sekali, terutama untuk rekreasi. Olahraga stand up paddleboard ada beberapa tingkatan dan venue ini sangat cocok untuk pemula karena airnya yang tenang," kata Agus yang sudah mengenal stand up paddleboard sejak 7 tahun lalu itu.

"Bahkan untuk kelas menengah juga masih cocok. Jadi, nanti setelah itu biasanya butuh venue yang lebih ada tantangannya berupa ombak besar di laut," ujar Agus.

The 1st Jatiluhur Stand up Paddle & Kayak Exhibition 2019 yang digelar pada 13-14 Juli 2019 merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Perum Jasa Tirta II (PJT) selaku pengelola Waduk Jatiluhur. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan bisa membangkitkan sport tourism di wilayah Jatiluhur, Purwakarta.

2 of 2

Untuk 2 Kategori

Kondisi air yang tenang dan luasnya Waduk Jatiluhur membuat venue ini bisa menggelar dua kategori stand up paddleboard. Agus menilai, para pemula bisa menjajal kategori touring dan adu cepat.

"Di sini bisa menggelar touring dan adu cepat. Dengan luasnya Waduk Jatiluhur ini tentu saja kalau dikelilingi bisa 10 km. Jangan salah, olahraga ini bisa membakar kalori dua kali lipat dari bersepeda," ujar Agus.

Di tengah kesibukannya sebagai Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, masih menyempatkan melakukan stand up paddleboard pada akhir pekan. Tak hanya Indonesia, Agus juga sering melakukan kegiatan tersebut di luar negeri.

"Ya, saya terakhir melakukan ini di Amerika Serikat. Kalau pekan lalu saya baru stand up paddleboard di Labuan Bajo," ucap Agus.

Lanjutkan Membaca ↓