Sukses


Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Bola.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula E pada 2020. 

Melalui unggahan di Instagramnya, Minggu (14/7/2019), Anies mengatakan tim dari Formula E telah melalukan uji lapangan pada 8-9 Juli. Hasilnya, Jakarta dianggap layak menggelar balapan mobil listrik dunia tersebut pada tahun depan. 

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, saya langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," kata Anies, melalui akun Instagramnya. 

"Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya," imbuh Anies. 

Anies mengatakan persiapan membidik menjadi tuan rumah Formula E sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Puncaknya, keputusan diambil pada pertemuan di New York pada Sabtu, bersamaan dengan putaran final keenam Formula E. 

"Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil. Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat," kata Anies. 

"Di ujungnya kami bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan," imbuh Anies, tentang keuntungan menjadi tuan rumah Formula E

 

 

2 dari 2 halaman

Ajang Bergengsi di Indonesia

Pada musim 2018-2019 tercatat ada tiga negara di Asia yang menjadi tuan rumah Formula E, yaitu China, Hong Kong, dan Arab Saudi. 

Belum ada penjelasan detail apakah dengan masuknya Indonesia balapan akan menjadi 14 seri atau ada salah satu kota yang dicoret dari daftar tuan rumah. 

Jika benar-benar terpilih menjadi tuan rumah Formula E, ini menjadi tambahan kabar gembira bagi Indonesia. Sebelumnya, Indonesia juga sudah dipastikan mendapat kepercayaan besar menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021. balapan MotoGP akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Timur. 

 

Video Populer

Foto Populer