Tim Bola Voli Putra dan Putri DKI Jakarta Incar Juarai Kualifikasi PON 2020

Oleh Bogi Triyadi pada 02 Agu 2019, 09:05 WIB
Bola Voli - Kualifikasi PON XX/2020 Papua

Jakarta - Tim bola voli putra dan putri DKI Jakarta menyatakan ingin lolos ke PON 2020 Papua. Bukan sekadar lolos, mereka juga mengincar gelar juara pada Pra Kualifikasi PON 2020 Papua.

Sebelas tim bola voli putra dan enam putri dari berbagai provinsi akan mengikuti Pra Kualifikasi PON 2020 Papua. Ajang ini akan berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, 3-10 Agustus 2019.

Tim putra dan putri bola voli DKI Jakarta sudah disiapkan sejak Mei 2019 di Pemusatan Latihan Daerah dengan pelatih Victor Laiyan (putra) dan M. Ansori (putri).

Pada PON 2016 di Bandung, tim putra DKI Jakarta gagal tampil karena tak lolos di kualifikasi. Sedangkan tim putri gagal meraih medali karena terhenti di perempat final.

"Pada PON Papua kami harapkan dua tim yang kita siapkan lolos PON," kata Zulfarshah, Wakil Ketua Pengprov PBVSI DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Selain cukupnya masa persiapan, optimistisme diusung tim putra dan putri voli DKI Jakarta berdasarkan hasil dari laga uji coba. Tim ibu kota ini juga sempat berlatih tanding di Thailand, pada Juli.

"Bagi saya, yang penting masuk empat besar dulu supaya ada kepastian lolos PON Papua dulu. Baru setelah itu berpikir untuk juara," ujar Victor Laiyan.

Hal senada juga disampaikan Ansori. "Karena kami tuan rumah, maka kami optimistis lolos ke final dan juara," ucap eks pelatih timnas Indonesia itu.

Di bagian putra, Zulfarshah menyebut Jawa Barat dan Jawa Tengah sebagai lawan berat. "Tetapi, kami juga harus mewaspadai tim-tim dari luar Pulau Jawa," ucapnya.

Sementara di putri, Jawa Timur dinilai sebagai lawan berat pada Kualifikasi PON 2020. "Tapi, kami kini lebih yakin. Mohon doa dan dukungannya," kata Arsela Nuari Purnama, kapten tim bola voli putri DKI Jakarta.

 

 

2 of 2

11 Putra dan 6 Putri

Bola Voli - Kualifikasi PON XX/2020 Papua
Wakil Ketua Pengprov PBVSI DKI Jakarta Zulfarshah (kiri). (foto: Humas PBVSI)

Tim putra yang berpartisipasi pada Kualifikasi PON 2020, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat, dan tuan rumah DKI Jakarta.

Enam peserta putri yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Papua Barat, dan tuan rumah DKI Jakarta.

Mereka akan memperebutkan empat tempat di posisi teratas bagian putra dan empat putri. Selain di Jakarta, satu posisi untuk tim putra dan putri juga akan diperebutkan di wilayah Sumatra dan Sulawesi.

"Secara keseluruhan cabang bola voli mendapatkan kuota delapan tim putra dan delapan putri," kata Reginald Nelwan, wakil ketua Bidang Pertandingan PP PBVSI, Reginald Nelwan.

Tim putra Jawa Timur dan putri Jawa Barat yang meraih medali emas pada PON 2016 langsung lolos. Kedua tim tak perlu mengikuti kualifikasi.

Begitu juga dengan tuan rumah tim putra dan putri Papua.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓