Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019: Ajang Pembuktian Kevin / Marcus

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Agu 2019, 15:15 WIB
Marcus Gideon / Kevin Sanjaya

Bola.com, Jakarta - Ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, telah meraih berbagai gelar bergengsi di ajang bulutangkis dunia. Namun, medali emas Kejuaraan Dunia belum juga mengisi lemari trofi milik pasangan berjuluk The Minions tersebut. 

Fakta tersebut membuat Kevin/Marcus ingin menuntaskan rasa penasaran pada Kejuaraan Dunia 2019, di Basel, Swiss, pada 19-25 Agustus. Mereka dengan terus terang mengatakan ingin menjadi juara di turnamen tersebut. 

Kevin/Marcus belum berjodoh dengan gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Dalam dua partisipasi terakhir di Kejuaraan Dunia, langkah Kevin/Marcus selalu kandas di babak perempat final.  

Pada Kejuaraan 2017, langkah Kevin/Marcus dijegal ganda China, Chao Biao/Hong Wei. Ganda Indonesia yang saat itu menempati unggulan ketiga tersebut kalah setelah bertarung tiga gim selama satu jam sembilan menit. Mereka takluk dengan skor 21-11, 19-21, 20-22. 

Kegagalan tersebut cukup menyesakkan karena beberapa bulan sebelumnya Minions berhasil menjuarai All England 2017. Sayangnya, keberhasilan di All England tak berlanjut dengan meraih gelar juara dunia. 

Kevin/Marcus juga terhenti di babak delapan besar pada Kejuaraan Dunia 2018. Kali ini, Minions tersingkir setelah kalah 19-21, 18-21 dari ganda Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Kekalahan tersebut juga di luar dugaan karena Kevin/Marcus sedang dalam performa mengesankan dan sangat difavoritkan menjadi kampiun. 

Beruntung, Kevin/Marcus, berhasil menebus kegagalan di Kejuaraan Dunia dengan meraup medali emas untuk Indonesia pada Asian Games 2018.

Namun, tetap saja Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih menyimpan rasa penasaran karena belum bisa menaklukkan Kejuaraan Dunia yang menjadi salah satu parameter prestasi bergengsi bagi pebulutangkis dunia. 

2 of 2

Modal Positif

Kejuaraan Dunia 2019 kembali menjadi ajang pembuktian bagi Kevin/Marcus. Bisakah mereka merengkuh gelar juara dunia untuk pertama kali?

Jika melihat posisi dan performa Kevin/Marcus belakangan ini, kans menjadi kampiun Kejuaraan Dunia 2019 sangat terbuka lebar. 

Kevin/Marcus masih tak tergoyahkan sebagai ganda nomor satu dunia. Mereka juga berstatus sebagai unggulan pertama. Kevin/Marcus juga mengantongi modal positif karena baru saja menjuarai Indonesia Open, Jepang Terbuka, meski kandas di perempat final Thailand Terbuka 2019. 

Setelah menang di Jepang, Kevin tak menutupi ambisi besarnya naik podium tertinggi di Kejuaraan Dunia 2019. Minions belum pernah menjuarai kejuaraan bergengsi tersebut.

Tapi, apa pun bisa terjadi jika Minions tak menjaga kewaspadaan.  

"Target selanjutnya kejuaraan dunia. Kami mau juara di kejuaraan dunia. Tapi kami mau fokus satu demi satu pertandingan dulu," tegas Kevin. 

Lanjutkan Membaca ↓