Wasit Indonesia Cetak Sejarah Memimpin Laga Piala Dunia Basket FIBA 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 01 Sep 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 01 Sep 2019, 17:30 WIB
Harja Jaladri, Basket
Indonesia boleh berbangga karena salah seorang wasitnya, Harja Jaladri, dipercaya memimpin pertandingan Piala Dunia Basket 2019. (dok. Perbasi)

Bola.com, Beijing - Indonesia boleh berbangga karena salah seorang wasit terbaik yang dimiliki yakni Harja Jaladri, dipercaya memimpin pertandingan Piala Dunia Basket FIBA 2019. Wasit asal Cirebon, Jawa Barat, itu dipercaya memimpin pertandingan penyisihan Grup A antara tuan rumah China melawan Pantai Gading, Sabtu (31/8/2019).

Harja Jaladri menjadi wasit basket Indonesia pertama sepanjang sejarah Piala Dunia Basket FIBA. Pertandingan yang dipimpin Harja itu berakhir dengan kemenangan China degan skor 70-55 atas Pantai Gading.

Harja mengaku sangat bangga bisa mendapatkan kepercayaan memimpin laga bergengsi dalam basket internasional tersebut. Wasit yang juga bertugas di Indonesia Basketball League (IBL) itu berharap jejaknya bisa diikuti wasit lainnya.

"Semoga teman-teman wasit Indonesia lain bisa memiliki kesempatan seperti saya karena kita memang mampu," kata Harja Jaladri dalam rilis yang diterima Bola.com, Minggu (1/9/2019).

"Doakan, saya bisa memimpin pertandingan dalam Olimpiade Tokyo 2020 nanti," tegas Harja.

Sementara itu, Anggota Central Board FIBA yang juga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Erick Thohir, turut berbangga atas debut Harja di Piala Dunia Basket FIBA 2019. Menurut Erick, hal ini menjadi bentuk apresiasi internasional terhadap kualitas wasit lokal.

"Suatu kebanggaan bagi bola basket Indonesia. Wasit Indonesia Basketball League (IBL) dipercaya memimpin laga kelas dunia. Hal ini membuktikan bahwa wasit Indonesia memiliki kemampuan," tegas Erick Thohir.

Harja Jaladri sudah diakui secara internasional sejak tahun 2005. Harja Jaladri sebelumnya terpilih sebagai wakil FIBA Asia mengikuti NBA Summer Camp di Las Vegas, Amerika Serikat. Tahun 2018 Harja juga terpilih mengikuti kejuaraan dunia Bola Basket Wanita di Spanyol. Dia juga dinobatkan menjadi wasit terbaik di Indonesia Basket Ball League 2018/2019.

2 dari 2 halaman

Berpeluang Pimpin Laga Lain

Piala Dunia Basket FIBA 2019 masih akan berlangsung sampai 15 September mendatang. Dengan demikian, Harja Jaladri, masih berpeluang memimpin laga-laga lainnya.

Sebanyak 32 tim dari 4 konfederasi tampil di Piala Dunia Basket FIBA 2019. Mereka akan bersaing untuk merebut gelar bergengsi tersebut.

Piala Dunia Basket FIBA 2019 menjadi tantangan buat Amerika Serikat yang bertekad mempertahankan gelar. Namun, Amerika Serikat lebih dulu harus lolos dari fase grup dan bersaing bersama Turki, Ceska, dan Jepang di Grup E.

Lanjutkan Membaca ↓