Belum Pikirkan Pensiun, Hendra Setiawan Berharap Tampil di Olimpiade 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 03 Sep 2019, 16:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2019, 11:19 WIB
Hendra Setiawan

Bola.com, Tangerang - Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, mengaku belum berencana untuk gantung raket dalam waktu dekat. Kini, atlet berusia 35 tahun itu bertekad untuk tampil di Olimpiade 2020.

Hendra Setiawan bersama Mohammad Ahsan baru saja meraih gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Pasangan berjuluk The Daddies itu keluar sebagai juara setelah mengalahkan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, lewat pertarungan tiga gim dengan skor 25-23, 9-21, dan 21-15.

Gelar ini menjadi yang kedua diraih Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada 2019. Sebelumnya, mereka juga berhasil meraih gelar All England dan Selandia Baru Terbuka.

"Selama saya bisa pasti akan terus bermain. Gelar yang belum saya dapat bersama Mohammad Ahsan adalah Olimpiade. Mungkin, saya berharap bisa masuk dulu lah (Olimpiade 2020). Kalau sudah masuk baru kita berbicara target," kata Hendra Setiawan.

Setelah ini, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan tampil di China Terbuka 2019 yang akan berlangsung di Jiangsu pada 17-22 September mendatang. Ini menjadi kesempatan mereka untuk terus meraih poin demi pemeringkatan menuju Olimpiade 2020.

"Olimpiade masih lama. Belum tahu juga siapa yang akan dikirim ke sana. Pemeringkatan juga masih akan berlangsung sampai April 2020 dan apapun masih bisa terjadi," tegas Hendra Setiawan.

2 dari 2 halaman

PBSI Belum Tentukan Wakil

Susy Susanti
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, saat ditemui di Pelatnas Bulutangkis, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (7/5/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memperbaiki posisi di ranking BWF setelah menjadi juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Saat ini, Ahsan/Hendra menempati peringkat kedua dengan jumlah 89.937 poin tepat di bawah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PBSI), Susy Susanti, mengaku pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait siapa yang akan mewakili Indonesia ke Olimpiade. Menurut Susy, hal itu nanti akan diumumkan sebelum bergulirnya Olimpiade 2020.

"Masih ada sekitar 7 bulan menuju Olimpiade. Saya rasa kami lihat saja dari hasil nanti sampai batas akhir karena buat PBSI siapa pun yang lolos pasti yang terbaik. Nanti kami akan membiarkan mereka untuk bersaing untuk tiga ganda putra," tegas Susy Susanti.

Lanjutkan Membaca ↓