Sukses


Fajar / Rian Juarai Korea Terbuka, Makin Kukuhkan Keperkasaan Ganda Putra Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tampil impresif di Korea Terbuka 2019 yang ditutup dengan gelar juara pada laga final, Minggu (29/9/2019). Kemenangan Fajar/Rian tersebut makin mengukuhkan dominasi ganda putra Indonesia pada 2019.

Fajar/Rian menyabet gelar juara Korea Terbuka 2019 setelah membungkam ganda Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Mereka menang dua gim langsung 21-16, 21-17.

Perjalanan Fajar/Rian menuju gelar juara patut mendapatkan apresiasi. Salah satu momen krusial adalah saat menundukkan sesama ganda Indonesia yang berstatus peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, di perempat final.

Kemenangan tersebut agak mengejutkan karena selama ini Fajar/Rian punya rekor kurang bagus setiap kali berjumpa Kevin/Marcus. Tapi, mereka mampu menyingkirkan halangan tersebut dan melaju ke semifinal.

Di babak empat besar Fajar/Rian juga mendapat lawan yang tak mudah. Mereka meladeni unggulan kedua sekaligus ganda putra nomor tiga dunia asal China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Performa impresif Fajar/Rian berlanjut ke final. Kali ini, korban mereka adalah ganda peringkat keempat dunia, Kamura/Sonoda.

Kemenangan ini menjadi gelar kedua Fajar Alfan/Muhammad Rian Ardianto pada tahun ini. Sebelumnya, mereka telah merengkuh titel di Swiss Terbuka 2019.

2 dari 3 halaman

Superior

Secara keseluruhan, kinerja ganda putra Indonesia pada tahun ini memang superior. Indonesia punya tiga pasangan terkuat yang bergantian meraih gelar.

Tiga turnamen bergengsi berlabel Super 1.000 berhasil disapu bersih ganda Indonesia. Tiga turnamen tersebut yaitu All England, Indonesia Open, dan China Open.

Gelar bergengsi di ajang All England diraih pasangan veteran, Ahsan/Hendra. Adapun dua turnamen lainnya, Indonesia Open dan China Open, dimenangi Kevin/Marcus.

Ahsan/Hendra melengkapi keperkasaan ganda Indonesia dengan merebut medali emas di turnamen bergengsi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ini merupakan gelar juara dunia yang ketiga bagi mereka sebagai pasangan.

Dominasi ganda putra Indonesia juga bisa ditilik dari ranking BWF. Kevin/Marcus bercokol di peringkat pertama, diikuti Ahsan/Hendra di posisi kedua.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat ini menempati peringkat keenam dunia. Namun, dengan hasil di Korea Terbuka 2019 mereka dipastikan naik ke peringkat kelima pekan depan.

3 dari 3 halaman

Gelar 3 Ganda Putra Indonesia pada 2019

Fajar Alfian/Muahammad Rian Ardianto

- Korea Terbuka 2019

- Swiss Terbuka 2019

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

- China Open 2019

- Jepang Terbuka 2019

- Indonesia Open 2019

- Indonesia Masters 2019

- Malaysia Master 2019

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

- Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019

- All England 2019

- Selandia Baru Terbuka 2019

Video Populer

Foto Populer