Tujuan dan Manfaat Utama Permainan Bola Basket yang Harus Diketahui

Oleh Novie Rachmayanti pada 02 Okt 2019, 18:40 WIB
Cleveland Cavaliers, Phoenix Suns, NBA

Bola.com, Jakarta - Bola basket merupakan salah satu olahraga populer di dunia, selain sepak bola. Olahraga bola basket dimainkan oleh 2 tim, masing-masing terdiri dari lima pemain.

Namun, semua pemain memiliki hak bermain yang sama, tidak ada penjaga ring atau penjaga gawang seperti dalam permainan sepak bola.

Bola basket adalah salah satu olahraga populer yang banyak diminati di Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, seperti Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Tak sedikit kompetisi bola basket digelar setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, hingga Indonesia Basketball League (IBL).

Bola basket cocok untuk digemari lantaran bisa dimainkan indoor maupun outdoor dan hanya memelukan lapangan yang relatif kecil. Di sisi lain, bola basket juga dinilai lebih kompetitif dengan tempo permainannya yang cenderung lebih cepat ketimbang olahraga bola lain, seperti voli dan sepak bola.

Penggemar olahraga ini tentunya tersebar di segala penjuru dunia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai permainan ini bola basket, berikut ulasan selengkapnya.

 

2 of 3

Tujuan Permainan Bola Basket

Invitation Tournament Basket:  Indonesia Vs India
Aksi Pebasket Indonesia, Daniel Wenas, saat melawan India pada final Invitation Tournament Asian Games 2018 di GBK Hall Basket, Jakarta. Indonesia menang 78-68 atas India. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Sebenarnya jika dilihat secara umum, jika kita berolah raga tentunya bertujuan membuat kebugaran dan kesehatan tetap terjaga. Begitu juga dalam permainan bola basket.

Namun, yang menjadi tujuan permainan bola basket secara khusus adalah untuk berolahraga sehingga tubuh kita terasa sehat dan bugar, serta dapat menambah tinggi badan, dan melatih kedisiplinan.

Tujuan olahraga yang satu ini memang tidak melulu untuk alasan kesehatan, tetapi permainan bola basket juga menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Jadi prestasi juga menjadi salah satu alasan atau tujuan bermain bola basket.

Tujuan utama permainan bola basket adalah membuat nilai sebanyak mungkin dengan memasukkan bola basket ke ring (keranjang) lawan, serta mencegah membalas keunggulan nilai.

Ketika bermain bola basket, para pemain dilarang memainkan bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan, menggelindingkan atau menggiring bola ke segala arah dalam lapangan permainan.

Di sisi lain, keterampilan mendasar dalam permainan bola basket adalah kemampuan menembakkan bola (shooting) ke dalam ring basket. Hal ini merupakan inti dari strategi permainan dan dapat memberikan hasil nyata secara langsung untuk memenangkan permainan.

Permainan bola basket dilakukan beregu, maka olahraga ini tentu akan melatih kerja sama tim. Dengan kerja sama yang baik tentu akan lebih mudah dalam meraih kemenangan.

Permainan bola basket juga bisa bertujuan melatih sikap kepemimpinan atau leadership. Terlebih untuk Anda yang dipilih menjadi seorang kapten.

 

3 of 3

Manfaat Permainan Bola Basket

NBA, San Antonio Spurs, Houston Rockets
Pebasket Houston Rockets, Joe Johnson, berusaha melewati pebasket San Antonio Spurs, Pau Gasol, pada laga NBA di Toyota Center Selasa (13/2/2018). Houston Rockets menang 109-93 atas San Antonio Spurs. (AP/David J. Phillip)

Olahraga bola basket tak hanya memiliki tujuan utama, tetapi juga memiliki sederet manfaat lain, seperti berikut ini:

  1. Melatih otot tubuh. Faktanya, olahraga ini mampu menggerakkan seluruh organ tubuh secara intens. Misalnya saat sedang berlari, mendribel, melempar, dan lainnya yang selalu melibatkan otot tubuh.
  2. Menjaga ketahanan tubuh. Gerakan-gerakan saat bermain bola basket dapat membuat badan menjadi lincah sehingga mampu menjaga ketahanan tubuh.
  3. Menahan daya imunitas tubuh. Tak hanya buah-buahan yang mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh, tetapi olahraga bola basket juga bisa melakukannya. Aktivitas itu merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen.
  4. Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh. Bermain bola basket adalah olahraga yang dilakukan antara kerja sama tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat. Tentunya hal ini akan membangun keseimbangan dan keterampilan fungsi koordinasi tubuh.
  5. Meningkatkan keterampilan motorik. Setiap pemain harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini, sehingga mampu meingkatkan saraf motoriknya.
  6. Membentuk tubuh ideal. Permainan bola basket adalah aktivitas yang sangat identik dengan olahraga fisik. Karena itulah kalori akan terbakar dengan sendirinya.
  7. Tubuh menjadi lebih tinggi. Tak sedikit atlet bola basket memiliki badan yang tinggi. Hal itu dikarenakan permainan bola basket mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan memanjangkan tulang-tulang tersebut, tubuh akan menjadi lebih tinggi.
  8. Menurunkan berat badan. Olahraga bola basket dapat membakar sekitar 700-750 kalori yang ada, sehingga lemak yang berlebih akan hilang saat bermain.
  9. Menghindari osteoporosis. Hal ini bermanfaat lantaran melakukan aktivias lari yang dapat membuat tulang-tulang dalam tubuh akan semakin kuat jika dilakukan secara teratur.
  10. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bola basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar bola ke ring. Jadi, olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, karena mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot.
Lanjutkan Membaca ↓