4 Manfaat Lari Pagi Tanpa Alas Kaki, Hasilnya Menakjubkan ketimbang Pakai Sepatu

Oleh Novie Rachmayanti pada 04 Okt 2019, 11:22 WIB
Jalan tanpa alas kaki. (Foto: womenlargesizeshoes.com)

Bola.com, Jakarta - Banyak orang berlari pada pagi hari menggunakan sepatu. Namun, tahukah Anda manfaat lari pagi jika dilakukan tanpa alas kaki?

Memang ada beberapa orang yang memilih berolahraga tanpa alas kaki, meski sekadar jalan sehat di pagi hari. Berjalan nyeker, alias tak menggunakan sepatu menjadi cara tradisional untuk menjaga kesehatan.

Tak jarang orang menganggap olahraga tanpa alas kaki memiliki risiko yang besar lantaran waswas menginjak serpihan kaca, paku, dan lain sebagainya. Tentunya lari pagi dianjurkan dilakukan di arena atau lapangan khusus, bukan berlari di jalan umum.

Sebuat jurnal Nature di Inggris meneliti sepatu lari tak hanya berfungsi melindungi kaki, tetapi juga mengubah cara berlari manusia.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengajak 16 peserta lari yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu pelari menggunakan sepatu dan kelompok lainnya bertelanjang kaki. Hasilnya menyatakan bahwa para pelari tanpa sepatu memiliki telapak yang cenderung rata karena ketika mereka menapak, kaki akan mendarat pada bagian tengah atau depan.

Sementara, pelari yang menggunakan sepatu memiliki lengkungan yang terlihat lebih jelas. Hal ini diakibatkan karena sepatu berfungsi menjaga telapak kaki agar tetap memiliki lengkungan. Bahkan mereka pernah menghasilkan penelitian menggunakan sepatu lari dapat membuat otot-otot kaki kejang, akibat bekerja lebih keras.

Olahraga tanpa alas kaki biasanya dijadikan ragam alternatif untuk yang kurang cakap atau tidak mampu lagi melakukan olahraga lain karena faktor usia, dan gangguan penyakit dan lain-lain. Namun, biasanya mereka melakukannya dengan berjalan santai hingga berlari pelan.

Olahraga ini juga dapat dilakukan lebih santai dan tidak banyak memakan biaya dan tenaga. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk melakukan kegiatan yang berlimpah manfaat ini. Beberapa di antara manfaat lari pagi tanpa alas kaki adalah sebagai berikut :

 

2 of 6

1. Manfaat Lari Pagi Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian, dari kalangan medis membenarkan lari pagi tanpa alas kaki kaya akan bermanfaat. Kaki merupakan pusat saraf dari organ tubuh yang lain, sehingga refleksi dan treatment dalam aktivitas tanpa alas kaki akan bermanfaat bagi organ tubuh secara keseluruhan.

Terlebih, manfaat lari pagi tanpa alas kaki akan memberi sirkulasi udara pada kaki yang dapat melancarkan jalannya energi ke seluruh tubuh ketika berolahraga.

Tak hanya itu, bahkan olahraga tanpa alas kaki bisa membuat darah mengalir lebih lancar ke seluruh organ tubuh sehingga penyebaran energi juga bisa lebih maksimal. 

3 of 6

2. Manfaat Lari Pagi Tanpa Alas Kaki: Mengurangi Risiko Deformitas

Manfaat berlari tanpa alas kaki ini merupakan dampak langsung yang berhubungan dengan kaki, yakni mencegah terjadinya deformitas atau perubahan bentuk kaki yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia atau aktivitas fisik yang padat.

Olahraga bertelanjang kaki juga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya perubahan bentuk kaki, meluruskan jemari, meningkatkan fleksor kaki dan mencegah terjadinya gangguan-gangguan di kaki.

 

4 of 6

3. Manfaat Lari Pagi Tanpa Alas Kaki: Meningkatkan Kekuatan Otot

Berdasarkan penelitian dari beberapa ahli, lari tanpa alas kaki dapat meningkatkan kelincahan gerak kaki karena mampu memperkuat otot, tendon, hingga ligamen kaki tanpa dibatasi tekanan dari sepatu.

Di sisi lain, lari nyeker dipercaya mampu memperkuat otot-otot kecil di telapak kaki, pergelangan kaki, hingga ke pinggul. Tentunya hal ini bisa membantu Anda memperbaiki postur sekaligus memantapkan keseimbangan tubuh.

Berlari tanpa alas kaki juga dipercaya dapat menghindarkan kaki dari cedera, seperti otot betis yang tertarik, keseleo, atau cedera Achilles tendon yang disebabkan oleh ketegangan otot berlebihan.

 

5 of 6

4. Manfaat Lari Tanpa Alas Kaki: Mengatasi Gangguan Persendian dan Sakit Kepala

Dibandingkan melakukan olahraga dengan sepatu, olahraga tanpa alas kaki dipercaya mampu memperkuat otot pergelangan kaki dan tidak membuatnya kaku dan malas.

Cara ini dapat menyetabilkan otot-otot kaki dan membuat keseimbangan dalam kinerja otot. Setelah itu, syaraf akan menjadi lebih rileks dan tubuh akan berlimpah energi positif sehingga gangguan-gangguan persendian juga akan teratasi, termasuk nyeri haid yang kerap dialami wanita.

 

6 of 6

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Lari Pagi Tanpa Alas Kaki

Melihat sederet manfaat di atas tentu cukup menggoda Anda untuk segera mencoba berolahraga tanpa menggunakan sepatu. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika hendak melakukan aktivitas ini, termasuk perihal kebersihan dan keamanan.

Setelah melakukan aktivitas ini, pastikan mencuci kaki dengan bersih sehingga bakteri dan kotoran yang menempel di kaki tidak membandel di tubuh Anda dan menyebabkan masalah kesehatan lain.

Anda juga harus memerhatikan keamanan dengan mencari medan atau arena yang aman dan bebas dari hal-hal yang membahayakan semisal duri, batu tajam, kerikil tajam atau benda-benda lain yang dapat melukai kaki Anda.

Lanjutkan Membaca ↓