Manfaat Berenang dalam Program Diet, Dijamin Efektif Turunkan Berat Badan

Oleh Novie Rachmayanti pada 04 Okt 2019, 14:25 WIB
Seleksi Timnas Renang SEA Games 2019

Bola.com, Jakarta - Anda sudah berjuang keras lakukan program diet untuk turunkan berat badan? Tak sedikit orang sudah mengatur pola makan ketat disertai olahraga teratur, seperti lari, renang, hingga bersepeda, tetapi masih sulit meluruhkan lemak dalam tubuh.

Jika begitu, Anda bisa mencoba olahraga renang sebagai alternatif menurunkan berat badan.

Berenang sangat dianjurkan untuk membakar kalori dengan tujuan menurunkan berat badan. Olahraga itu juga akan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Renang juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin, hal itu dibuktikan hasil penelitian Berkeley Wellness dari University of California.

Di sisi lain, berenang merupakan salah satu aktivitas yang kerap dijadikan ajang rekreasi. Olahraga air ini tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan.

Terlebih, renang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan maupun usia, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Berikut adalah manfaat berenang untuk menurunkan berat badan.

 

2 of 5

1. Manfaat Berenang dalam Program Diet: Efektif Membakar Kalori

Jakarta Open 2019
Perenang Indonesia, Chika Kania, saat mengikuti Jakarta Open 2019 di Stadion Aquatic, Jakarta, Jumat (27/9). Turnamen ini merupakan Kualifikasi PON XX Papua dan seleksi akhir Tim Renang SEA Games 2019. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bagi Anda yang berhasrat menurunkan berat badan, alias ingin kurus, berenang bisa menjadi alternatif. Renang bisa membantu meluruhkan lemak dalam tubuh. Penyebabnya, ketika berenang, tubuh otomatis akan membakar kalori cukup banyak.

Jika melakukannya selama 60 menit, maka Anda akan membakar sekitar 500 hingga 700 kalori. Kemudian kalori itu akan diolah untuk menghasilkan energi.

Semakin berat tubuh Anda, semakin banyak kalori yang dibakar saat berenang. Jumlah kalori yang dibakar saat berenang tergantung dengan gaya, jarak, dan kecepatan berenang.

Jika ingin berat badan turun secara signifikan, sebaiknya Anda mencoba berenang 30-60 menit per hari. Pada menit-menit awal berenang, tubuh akan membakar karbohidrat terlebih dulu, kemudian berenang akan membakar lemak.

Berdasarkan hasil penelitian American Heart Association, berenang selama 30-60 menit dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kesehatan. Apalagi jika olahraga ini dilakukan secara rutin 4-6 hari seminggu, maka akan lebih bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

 

3 of 5

2. Manfaat Berenang dalam Program Diet: Membentuk Otot Tubuh

Jakarta Open 2019
Perenang Indonesia, Triady Fauzi, saat mengikuti Jakarta Open 2019 di Stadion Aquatic, Jakarta, Jumat (27/9). Turnamen ini merupakan Kualifikasi PON XX Papua dan seleksi akhir Tim Renang SEA Games 2019. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Berenang dipercaya mampu menurunkan berat badan lantaran lemak akan membentuk otot tubuh. Mengapa demikian?

Semua otot tubuh akan bekerja keras saat berenang, termasuk otot bagian bawah, bagian atas, otot inti, hingga otot punggung. Berenang juga membuat organ jantung dan paru bekerja lebih aktif untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan tubuh.

Sehingga, banyak kalori yang dibakar tubuh dan menyediakan energi saat Anda berenang. Kendati mengeluarkan keringat seperti olahraga lainnya, renang tetap membakar kalori cukup efektif dan kaya manfaat bagi tubuh.

Kinerja selama berenang juga dapat melatih otot lebih kuat dan meningkatkan massa otot. Kemudian akan membuat sistem metabolisme meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak.

Tanpa disadari, Anda tidak akan merasakan lelah meski sudah berenang cukup lama. Penyebabnya, olahraga air ini mampu mendinginkan suhu tubuh, sekaligus menyegarkan.

Namun, karena gerakannya di air, Anda tidak merasa berat saat melakukan olahraga yang satu ini. Alasannya, air mampu menetralisir gaya gravitasi, sehingga tubuh akan lebih mudah bergerak tanpa usaha banyak.

Di sisi lain, renang juga dipercaya sebagai olahraga dengan risiko cedera yang sangat rendah, berbeda dengan sepak bola.

Dengan melalukan berenang secara rutin, Anda tak perlu waswas dilanda cedera. Itulah yang menjadi keunggulan renang dibandingkan olahraga lainnya untuk menurunkan berat badan.

 

4 of 5

3. Terapkan Gaya Renang agar Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

Seleksi Timnas Renang SEA Games 2019
Atlet renang saat berlaga pada Jakarta Open 2019 di Stadion Akuatik, Jakarta, Kamis (26/9). Ajang ini juga sebagai seleksi akhir tim Indonesia untuk gelaran SEA Games 2019 dan Pra PON 2020 di Papua. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyaknya kalori yang dibakar saat berenang tergantung dengan gaya, jarak, dan kecepatan berenang.

Anda dianjurkan untuk berenang dengan disertai gaya-gaya yang ada. Hal ini bertujuan mengantisipasi terjadinya cedera otot.

Anda bisa melakukan gaya yang sering dipakai dalam olahraga renang, seperti gaya dada, gaya bebas, gaya katak, gaya kupu-kupu, hingga gaya punggung.

Namun, jika hendak menurunkan berat badan lebih efektif, Anda bisa pakai gaya kupu-kupu untuk membakar kalori secara maksimal. Berenang dengan gaya kupu-kupu bisa membakar kalori hingga 150 kalori pada orang dewasa dengan berat 72,5 kg dalam waktu 10 menit.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gaya bebas untuk membakar kalori lebih banyak. Sedangkan, gaya dada dan gaya punggung dalam hal pembakaran kalorinya setara dengan jalan cepat atau jogging.

 

5 of 5

4. Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Berenang

Seleksi Timnas Renang SEA Games 2019
Atlet renang saat berlaga pada Jakarta Open 2019 di Stadion Akuatik, Jakarta, Kamis (26/9). Ajang ini juga sebagai seleksi akhir tim Indonesia untuk gelaran SEA Games 2019 dan Pra PON 2020 di Papua. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Anda harus memerhatikan porsi makan selepas melakukan olahraga renang. Olahraga itu akan sia-sia jika Anda makan banyak setelah mengeluarkan banyak kalori saat berenang.

Tentunya, aturan ini juga berlaku untuk semua jenis olahraga. Jika makan banyak setelah berolahraga keras, maka berat badan aakan tetap sulit turun. 

Biasanya nafsu makan akan meningkat setelah berenang lantaran terpapar suhu air yang dingin. Namun, Anda harus tetap menahan nafsu makan. Bukan berarti Anda tak boleh makan, tetapi harus memerhatikan asupan atau porsinya agar olahraga yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Lanjutkan Membaca ↓