5 Manfaat Bermain Basket bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Oleh Novie Rachmayanti pada 04 Okt 2019, 20:30 WIB
NBA, San Antonio Spurs, Houston Rockets

Bola.com, Jakarta - Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga popoler di kancah dunia, selain sepak bola. Bedanya, basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Namun, Bola basket maupun sepak bola sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak sedikit orang yang hobi bermain bola basket. Bintang bola basket dunia, Lebron James, memiliki sederet prestasi berkat bermain basket. Tak hanya prestasi, pemain NBA itu juga memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Apalagi, musim baru kompetisi bola basket Amerika Serikat, National Basketball Association (NBA), tengah bergulir. Hal itu membuat semangat bermain basket pun semakin meningkat.

Bermain bola basket tidak semata-mata untuk mencari kesenangan dan kemenangan, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat bermain basket yang akan Anda peroleh.

 

2 of 6

1. Manfaat Bermain Basket: Meningkatkan Stamina dan Kesehatan Jantung

Timnas Basket Putra Indonesia Kalah Telak dari Korea
Pebasket putra Indonesia, Abraham Damar Grahita (kanan) mencoba menembus kawalan pemain Korea pada babak penyisihan Grup A Basket Putra Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/8). Indonesia kalah 65-104. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Para pemula mungkin akan merasa kekurangan energi saat bermain basket. Namun jika dilakukan secara rutin, olahraga ini justru mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sehingga membuat setiap pemainnya menjadi tidak mudah lelah atau letih.

Dengan rutin bermain basket, Anda bisa memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang lebih baik ketimbang mereka yang jarang melakukan olahraga. Beberapa gerakan dalam permainan bola basket akan membuat seluruh tubuh bergerak aktif, mulai dari bahu hingga kaki. Bermain basket bisa menjadi olahraga yang baik jika Anda ingin melatih semua otot atau anggota tubuh lainnya.

Bermain basket adalah jenis olahraga yang membutuhkan gerakan aktif secara terus-meneruts. Tentunya tubuh Anda akan terus dipaksa untuk bergerak, mulai dari berlari, melompat, sprint, hingga gerakan lincah lainnya.

Bermain basket secara teratur juga mampu meningkatkan kualitas detak jantung. Dengan meningkatnya detak jantung, Anda otomatis akan lebih bersemangat melakukan aktivitas lainnya.

Bermain basket juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Risiko penyakit jantung dan stroke pun juga akan berkurang berkat bermain basket. Namun, jika Anda sudah merasa sangat lelah, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu. Biarkan jantung menjadi rileks kembali supaya bisa melanjutkan permainan bola basket.

 

3 of 6

2. Manfaat Bermain Basket: Meningkatkan Kesehatan Mental

Invitation Tournament Basket:  Indonesia Vs India
Aksi Pebasket Indonesia, Daniel Wenas, saat melawan India pada final Invitation Tournament Asian Games 2018 di GBK Hall Basket, Jakarta. Indonesia menang 78-68 atas India. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Bermain bola basket tidak hanya memerlukan keterampilan fisik, tetapi kesiapan mental, supaya permainan bisa berjalan baik.

Permainan bola basket memiliki ritme yang cukup cepat. Olahraga basket juga kerap dimainkan oleh beberapa orang dalam satu tim, sehingga Anda perlu bekerja sama dengan baik.

 

4 of 6

3. Manfaat Bermain Basket: Meninggikan Badan

Final Pomnas Basket
Pebasket Banten, Patrick Nikolas, melakukan block saat melawan Jawa Tengah pada laga final Pomnas XVI 2019 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa (24/9). Banten menang 90-68 atas Jateng. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bagi Anda yang berniat meninggikan badan, bermain basket adalah solusinya. Sejumlah hasil penelitian mengatakan olahraga jenis ini paling efektif meninggikan badan.

Bermain basket tidak bisa menambah tinggi badan secara langsung dan instan, layaknya menggigit cabai langsung pedas. Tetapi, membutuhkan proses cukup lama untuk meraihnya, apalagi jika Anda sudah menginjak usia dewasa.

Gerakan dalam permainan bola basket seperti melompat dinilai dapat memicu hormon pertumbuhan dan kelancaran aliran darah.

 

5 of 6

4. Manfaat Bermain Basket: Melatih Saraf Motorik

Kejuaraan Jr. NBA 2019
NBA menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 yaitu turnamen basket tingkat global bagi anak laki-laki dan perempuan berusia 13-14 tahun dari seluruh dunia. (NBAE/Pamela Costello)

Bermain basket sering dianggap sebagai olahraga yang sulit dimainkan. Misalnya, Anda harus bisa melakukan dribel bola tanpa harus melihatnya, hingga melakukan tembakan dari jarak jauh. Bagi orang awam atau mereka yang baru belajar bermain bola basket, hal ini mungkin terbilang cukup sulit.

Namun tanpa disadari, hal tersebut dapat membantu melatih koordinasi saraf motorik antara mata dan tangan. Awalnya memang sulit, tetapi jika sudah terbiasa, tidak akan lagi jadi masalah. Justru keterampilan Anda dalam permainan bola basket akan semakin meningkat.

 

6 of 6

5. Manfaat Bermain Basket: Membangun Kekuatan Tulang dan Otot

Hari Pertama Perbasi Cup 2017, Pelita Jaya Gulung Satya Wacana Salatiga
Pemain Pelita Jaya, Daniel Timothy Wenas (tengah) mencoba menembus pertahanan pebasket Satya Wacana Salatiga pada laga Perbasi Cup 2017 di Britama Arena, Jakarta, Senin (6/11). Pelita Jaya unggul 92-46. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bermain basket tentunya akan melibatkan berbagai gerakan seperti melompat. Hal itu dipercaya mampu membantu menguatkan tulang dan otot.

Semakin kuat tulang dan otot yang Anda miliki, tentu akan membuat tubuh terhindar dari risiko patah tulang atau terkilir. Melakukan olahraga basket juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit pada tulang, lantaran olahraga basket dapat membuat tulang kamu menjadi padat.

Lanjutkan Membaca ↓