4 Manfaat Plank bagi Tubuh, Ampuh Bikin Perut Rata

Oleh Novie Rachmayanti pada 04 Okt 2019, 21:10 WIB
Ilija Spasojevic, Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Anda memiliki keluhan perut buncit? Nah, olahraga plank adalah solusinya. Plank adalah salah satu olahraga yang dilakukan untuk mendapatkan perut rata. Manfaaat plank lainnya juga untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap proporsional.

Posisi plank tidak berbeda jauh dengan push up. Tetapi, Anda harus menahan posisi selama beberapa menit dengan menumpukan tubuh pada tangan dan ujung kaki.

Olahraga ini kerap diterapkan dalam sesi latihan para atlet, mulai dari pesepak bola, pelari, hingga atlet pencak silat.

Namun, Anda hanya perlu melakukan plank selama 10 detik dalam satu sesinya, jadi tidak perlu menahannya hingga bermenit-menit. Hal itu dibenarkan oleh Professor Stuart McGill dari University of Waterloo, Kanada. Dia mengklaim semakin lama melakukan plank bukan berarti semakin baik.

McGrill menuturkan seseorang bisa memiliki otot perut yang kuat hanya dengan melakukan olahraga plank per 10 detik. Kemudian, Anda perlu beristirahat sejenak, dan kemudian baru bisa melakukannya kembali.

Pendapat serupa diutarakan seorang fisioterapis asal Inggris, Tim Allardyuce. Dia menjelaskan orang yang berpostur gemuk sebaiknya tidak menahan tubuh dengan ujung kaki, tapi dianjurkan dengan lutut. Cara tersebut akan lebih aman untuk terhindar dari cedera punggung.

Plank menjadi olahraga yang banyak digemari lantaran bisa dilakukan fleksibel, di mana saja dan kapan saja, bahkan di sela bekerja.

 

2 of 5

1. Manfaat Plank: Meluruhkan Lemak Perut

Latihan plank tidak hanya membantu memperkuat dan menstabilkan otot inti, tetapi juga mengencangkan otot pada bagian kaki, lengan, paha, serta bokong. Kegiatan ini akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak daripada gerakan sit-up atau crunch.

Jika ingin latihan lebih efektif, lakukanlah plank selama 10-20 detik. Kemudian ulangi masing-masing gerakan sebanyak 10 hingga 12 kali.

Melakukan plank setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut seperti sit up. Plank sangat dibutuhkan untuk Anda yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

 

3 of 5

2. Manfaat Plank: Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Planking merupakan latihan sempurna untuk pembentukan otot perut karena menarik semua otot inti dalam tubuh, termasuk transverse abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle.

Pada dasarnya, kesehatan otot inti tubuh tidak bisa disepelekan, lantaran setiap otot tubuh berperan penting dalam membentuk postur tubuh.

 

4 of 5

3. Manfaat Plank: Menguatkan Tulang Belakang

Olahraga plank akan membentuk otot Anda dengan cara sederhana. Latihan jenis ini tidak terlalu memaksa pinggul Anda bekerja keras.

Berdasarkan penelitian American Council on Exercise, melakukan latihan plank secara rutin dapat menguatkan otot dan tulang belakang, khususnya tulang punggung.

Olahraga plank akan membuat risiko cedera menjadi lebih minim. Apalagi, bagi yang sudah berusia lanjut atau untuk Anda yang punya keluhan pada punggung.

 

5 of 5

4. Manfaat Plank: Menyehatkan Pikiran

Plank tak hanya memiliki manfaat bagi otot atau tulang, tetapi juga bisa menyehatkan pikiran. Latihan ini juga dipercaya mampu menurunkan tekanan stress.

Apalagi, jika Anda memiliki aktivitas sehari-hari yang letih dengan duduk berlama-lama menghadapi komputer, kemudian membuat otot paha dan leher terasa kaku. Jika begitu, melakukan planking sesaat akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan lebih relaks.

Lanjutkan Membaca ↓