Sukses


Manfaat Joging Siang Hari, Lebih Efekif Bakar Lemak ketimbang Lari Pagi

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang sering mengeluh dengan lemak membandel di tubuh? Apabila ingin meluruhkan lemak-lemak, Anda perlu mencoba joging pada siang hari.

Joging pada siang hari akan lebih efektif membakar lemak dari pada lari pagi. Mengapa demikian?

Pada siang hari, tubuh akan cepat berinteraksi dengan udara panas dan lembab, sehingga akan mempercepat tubuh mengeluarkan keringat. Setelah itu, tubuh otomatis akan mempercepat proses pembakaran lemak dan mempercepat pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat. Kemudian berat badan Anda akan cepat menurun.

Sedangkan jika lari pada pagi hari, udara yang terbiasa di bumi masih mengandung banyak manfaat oksigen murni, atau udara belum tercemar oleh berbagai macam aktivitas. Misalnya aneka macam debu dari jalan raya, asap dari kendaraan, asap pabrik atau radikal bebas yang dibawa oleh ultraviolet berbahaya.

Oleh karena itu, joging pagi akan terasa lebih ringan karena udara pagi dapat menyegarkan tubuh, sehingga tidak mudah membuat tubuh berkeringat kalau hanya berlari santai pada pagi hari.

Manfaat dari udaran dan matahari pagi memang sangat menyehatkan jantung, paru paru, jaringan hati bahkan mampu memadatkan kalsium dalam tulang anda. Terlebih, matahari pagi mempunyai kandungan manfaat vitamin D yang kuat.

Namun, joging pada siang hari juga dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badang lebih efektif. Tetapi perlu diingat, Anda sebaiknya melakukan olahraga ini di lokasi yang jauh dari jalan raya.

Lebih bagus apabila dilakukan pada area teduh yang ditumbuhi tanaman besar atau didalam sebuah taman kota. Hal itu bertujuan untuk menghindari polusi dan radikal bebas pada siang hari.

 

2 dari 3 halaman

Turunkan Berat Badan dan Baik Bagi Kesehatan

Cuaca yang panas dan lembab memungkinkan tubuh cepat berkeringat dan mendesak enzim-enzim pencernaan untuk bekerja lebih aktif dalam menghancurkan lemak dalam tubuh, khususnya bagi Anda yang mengalami kegemukan ekstra atau obesitas.

Jika ingin menurunkan berat badan, pilihlah olahraga lari pada siang hari lantaran cuaca yang panas dan lembab justru sangat menentukan keberhasilan untuk program penurunanan berat badan secara cepat.

Di sisi lain, joging siang hari juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sama halnya seperti lari pada pagi maupun sore hari, manfaat joging pada siang hari juga dapat menstabilkan peredaran darah, menguatkan jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh agar tetap prima, serta mampu mempertahankan kekuatan otot.

Banyak yang menganggap olahraga siang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat dan memacu jantung lebih cepat. Namun, efek tersebut sebenarnya sangat baik untuk pencegahan pergerakaan sel kanker, terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat kanker pribadi maupun turunan.

Pada dasarnya, sel kanker tidak mampu berkembang pada tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang selalu sehat dan daya taahaan tubuh yaang stabil.

Metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh yang stabil hanya bisa diwujudkan dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Anda disarankan untuk menjauhi segala bentuk radikal bebas misalnya dari makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan olahan, polusi udara dan lain sebagainya.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Joging pada Siang Hari dengan Menggunakan Jaket

Berhati hatilah dengan pemakaian jaket saat berlari pada siang hari. Mengapa demikian? Tak jarang orang beranggapan bahwa ingin mendapatkan keringat yang banyak dari olahraga lari siang dengan memakai jaket. Justru hal ini keliru.

Memakai jaket pada saat olaharaga lari memang dapat membuat tubuh berkeringat lebih banyak dan lebih cepat, namun perlu diketahui bahwa terdapat bahaya yang mengancam kesehatan organ tubuh di balik pemakaian jaket. Berikut ini alasannya :

  • Tubuh akan mengalami dehidrasi, sakit kepala mendadak dan kelelahan yang berlebihan, serta dapat membuat organ tubuh cepat rusak lantaran harus bekerja ekstra dan membuat tubuh kekurangan cairan.
  • Membuat tubuh tidak memiliki ruang untuk mengeluarkan racun. Justru malah membuat racun yang berupa keringat semakin menempel pada tubuh dengan gara-gara memakai jaket.
  • Menyebabkan suhu tubuh meningkat drastis secara tidak alami, akibatnya akan menyumbat pembuluh darah menuju jantung yang dapat membuat gagal jantung atau serangan jantung mendadak karena jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar.
  • Dapat menyebabkan pengentalan dan penggumpalan darah. Hal itu juga akan menyumbat aliran darah keseluruh tubuh, termasuk saluran darah menuju otak.
  • Memakai jaket memang bisa membakar lemak lebih cepat, tetapi bisa membuat gemuk kembali dengan cepat pula. Sebab, banyaknya keringan yang keluar di iringi dengan suhu tubuh yang terlalu panas, padahal suhu tubuh Anda akan tetap sehat meski suhu tidak terlalu tinggi.

Video Populer

Foto Populer