4 Manfaat Tidur Siang Beserta Tips Melakukannya

Oleh Novie Rachmayanti pada 07 Okt 2019, 09:46 WIB
[Bintang] Kim Kardashian

Bola.com, Jakarta - Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit berbahaya. Terkadang orang mengabaikan pentingnya tidur siang, meski hanya sekedar 1-2 jam.

Manfaat tidur siang mampu merelaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan. Tidur di siang hari dapat menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat berbagai kegiatan.

Sebagian besar orang cenderung selalu berpikir menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin. Namun, tahukah Anda tidur siang juga baik untuk kesehatan? 

Terkadang beberapa orang sering merasa mengantuk selepas jam makan siang. Namun, banyak pula yang merasa sulit atau tidak terbiasa tidur siang. Padahal, tidur pada siang hari dapat memberikan sederet manfaat bagi kesehatan.

Orang yang melakukan tidur siang terkadang dianggap sebagai sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru tidur pada siang hari dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Biasanya orang berpikir tidur siang hanya bermanfaat untuk bayi, anak-anak, lanjut usia, atau yang sedang sakit. Namun, ternyata berbagai manfaat tidur siang juga dapat memengaruhi tubuh secara positif pada orang dewasa.

Namun perlu diingat, Anda sebaiknya tidak terlalu lama tidur di siang hari. Apabila tidur hingga 3 jam, Anda dikhawatirkan akan kesulitan tidur pada malam hari, alias insomnia.

Lantas apa saja manfaat tidur siang? Berikut informasi selengkapnya.

 

2 of 6

1. Manfaat Tidur Siang: Meningkatkkan Daya Ingat Otak

1. Program Tidur Siang
Membiarkan siswa tidur siang dipercaya akan membuat mereka lebih pintar (Sumber foto: telusur.co.id)

Manfaat tidur siang mampu meningkatkan daya ingat pada otak, hal ini sangat baik bagi orang lanjut usia (lansia). Semakin meningkatnya umur, biasanya daya ingat mereka cenderung menurun.

Bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat sesuatu. Hal ini penting bagi anak-anak, karena mereka belajar dan mungkin menghapal setiap pelajaran yang didapatkan selama di sekolah.

Sebuah penelitian dari Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat menyatakan manfaat tidur siang dapat meningkatkan kepintaran seseorang.

Salah satu contohnya di China. Warga China sangat menghargai waktu tidur siang. Di Negeri Tirai Bambu, tidur pada siang hari menjadi salah satu gaya hidup sehat. Bahkan, menariknya kegiatan ini masuk dalam jam sekolah. Seperti dilansir New York Times, Para guru memberikan rentang jam istirahat di siang hari untuk siswanya tidur sejenak. 

3 of 6

2. Manfaat Tidur Siang: Meningkatkan Mood dan Kreativitas

Tingkah Lucu Para Biksu Cilik Rayakan Kelahiran Buddha
Seorang anak lelaki bernama Buddha Myung Bub tidur siang setelah kepalanya dicukur saat kebaktian merayakan ulang tahun ke-2.563 Buddha pada 12 Mei, di Kuil Jogye di Seoul, Korea Selatan, Senin (22/4). Sepuluh anak terpilih menjadi peserta peringatan ini. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Menurut ilmuwan napologist University of California, Sara Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam.

Dalam tubuh kita terdapat neurotransmitter serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan.

Namun, apabila tubuh mengalami stres, serotonin yang digunakan akan lebih tinggi, sementara produksinya berhenti. Akibatnya, Anda bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, hingga mudah terganggu.

Menurut Mednick, tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif. Karena itulah tidur pada siang hari sangat dianjurkan untuk meningkatkan mood dan kreativitas, serta menurunkan tingkat stress.

 

4 of 6

3. Manfaat Tidur Siang: Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Tempat Tidur Siang
Laura Li tidur siang di YeloSpa, di New York, (1/5). Di New York, para pekerja dapat membayar kabin untuk tidur siang, dan mengisi ulang energi tubuh mereka tanpa harus kembali ke rumah. (AFP Photo/Hector Retamal)

Manfaat tidur siang lainnya yaitu mampu mencegah penyakit jantung. Jika Anda memaksakan bekerja sedangkan mata mengantuk, jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu, apablia Anda memaksakannya dengan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein, tentunya akan semakin berakibat buruk.

Anda dianjurkan untuk beristirahat sejenak, walaupun hanya 20-40 menit setiap harinya. Kebiasaan itu akan mencegah Anda dari risiko penyakit jantung serta stroke.

 

5 of 6

4. Manfaat Tidur Siang: Menghindari Diabetes

Tidur Siang di Kelas Jadi Kegiatan Belajar Wajib di Sekolah Ini
Di saat sekolah-sekolah melarang muridnya untuk tidur di kelas, sekolah ini malah mewajibkan muridnya tidur.

Kurang tidur dapat membuat Anda kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang stres.

Kelebihan kortisol dapat meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tidur siang supaya tidak terserang diabetes.

Tidur pada siang hari akan mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung jika Anda kurang tidur.

 

6 of 6

Tips Tidur Siang yang Baik

3 Cara Tidur Siang Singkat dan Bangun dengan Segar
Terbiasa bangun dari tidur siang dalam keadaan bingung dan kaget? Simak beberapa tips di sini.
  • Tidur siang sebaiknya hanya dilakukan 20-40 menit. Semakin lama Anda tidur siang, maka semakin besar tingkat insomnia pada malam hari.
  • Waktu tidur siang yang baik sekitar jam 2-3 sore. Ini adalah waktu yang ideal. Anda mungkin mengantuk setelah makan siang. Namun, setelah makan tidak boleh langsung tidur siang. Waktu tidur siang yang baik juga ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal Anda.
  • Sebaiknya Anda tidur siang di tempat yang tenang dan gelap, dan dengan suhu kamar yang nyaman serta tidak terlalu bising.
  • Selepas tidur siang, Anda disarankan tidak bergegas bangun dan beraktivitas kembali. Buru-buru bangun dapat membuat Anda sakit kepala atau pusing, uring-uringan, hingga tidak enak badan. Kumpulkanlah energi beberapa menit sampai Anda merasa segar kembali.
Lanjutkan Membaca ↓