18 Manfaat Sit Up Setiap Hari, Penting bagi Pria dan Wanita

Oleh Novie Rachmayanti pada 08 Okt 2019, 10:35 WIB
Sit Up

Bola.com, Jakarta - Manfaat sit-up setiap hari sangat positif bagi kesehatan tubuh. Latihan sit up penting bagi semua usia dan kalangan, baik pria maupun wanita. Bahkan olahraga itu juga dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sit-up juga dapat dilakukan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor)

Sit-up adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer. Banyak orang melakukannya selepas lari pagi di akhir pekan. Kegiatan itu memberikan manfaat lebih banyak apabila dilakukan secara rutin, setidaknya 10-20 kali dalam sehari.

Tak sedikit orang menganggap sit-up hanya berfungsi membentuk otot perut lantaran gerakannya terpaku pada wilayah perut. Namun, gerakan itu juga bermanfaat bagi anggota tubuh lainnya.

Biasanya kaum pria melakukan gerakan sit-up secara rutin guna mendapatkan tubuh yang six-pack, karena olahraga ini dapat membuat otot perut semakin kuat dan membakar kalori.

Namun, manfaat sit-up tidak hanya untuk pria. Kaum wanita juga bisa memetik manfaat sit-up, terutama bagi Anda yang akan memasuki siklus menstruasi.

Latihan sit-up sangat berguna menghindari kram saat menstruasi yang rasanya amat menyakitkan. Hal ini dikarenakan gerakan sit-up dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kembung dan nyeri perut saat menstruasi.

Lantas apa saja keuntungan yang bisa dipetik dari latihan sit-up? Berikut tim Bola.com merangkum lima manfaat sit-up apabila dilakukan rutin setiap hari.

Namun, sebelum mengetahui segudang manfaatnya, Anda harus menerapkan tata cara sit-up yang baik dan benar, supaya terhindar dari risiko cedera otot pada perut maupun sendi dan tulang belakang.

 

2 of 4

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah berbaring telentang di dataran rata, tetapi akan lebih baik lagi jika menggunakan alas matras.
  • Tekuk kedua lutut membantuk sudut 90 derajat, tetapi telapak kaki tetap menyentuh lantai.
  • Renggangkan kedua kaki sejajar dengan pinggul.
  • Posisikan tangan di dekat telinga, belakang kepala (tepatnya menempel di leher), atau menyilang di atas dada.
  • Angkatlah tubuh ke arah lutut sambil mengembuskan napas. Ketika tubuh terangkat. Pastikan punggung bagian bawah juga ikut terangkat supaya tidak membuat cedera pada pinggul.
  • Turunkan tubuh ke posisi awal sambil menarik napas.
  • Anda bisa melakukannya 10-15 kali sit up untuk setiap set-nya. Lakukanlah sesuai kemapuan, jangan terlalu memaksakan fisik.
  • Apabila satu set terpenuhi, berhentilah sejenak supaya otot-otot tidak terkesan dipaksa. Apabila sudah kembali relaks, Anda bisa melakukan set berikutnya.

 

3 of 4

Tips Supaya Berhasil Memetik Manfaat Sit Up

1. Gunakan Alas Matras

Latihan sit-up sebaiknya menggunakan alas matras sebagai salah satu penunjang penting. Hal ini bertujuan supaya tidak membuat tulang bagian belakang terasa sakit apabila melakukannya di atas dataran keras, seperti lantai.

2. Mengatur Napas

Salah satu hal terpenting ketika melakukan gerakan sit-up adalah mengatur napas. Banyak orang yang kerap mengabaikan aturan ini. Terkadang mereka menarik atau membuang napas sesukanya.

Cara mengatur napas yang baik dan benar ketika sit-up adalah dengan menariknya ketika turun, dan mengembuskannya saat naik. Jangan terbalik ya!

3. Mengatur Tempo

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah mengatur tempo. Jangan melakukan sit-up dengan cepat dan terburu-buru. Tetapi lakukanlah sesuai tempo detik jam atau stopwatch. Apabila terlalu cepat, maka akan membuat otot tubuh Anda rawan cedera.

4. Jangan Makan Terlalu Banyak

Perhatikanlah asupan makanan jelang melakukan sit-up. Karena apabila Anda makan terlalu banyak, maka perut akan memiliki beban lebih berat, sehingga akan membuatnya terasa sakit. Makanlah sesuai kebutuhan. Lakukan sit-up setidaknya 1-2 jam selepas makan.

 

4 of 4

Manfaat Sit Up bagi Pria dan Wanita

  1. Meningkatkan Kestabilan tubuh
  2. Menjaga kesehatan tubuh
  3. Melancarkan sistem pencernaan
  4. Menjaga sistem metabolisme
  5. Membentuk dan meingkatkan kekuatan otot tubuh
  6. Mengurangi insomnia, alias susah tidur
  7. Menjaga kesehatan jantung
  8. Meingkatkan ukuran payudara
  9. Mengantisipasi nyeri atau kram perut saat menstruasi
  10. Mencegah osteoporisis, khususnya pada tulang belakang
  11. Melancarkan peredaran darah
  12. Menurunkan berat badan dan membakar kalori
  13. Membuat tubuh lebih ideal dan six-pack
  14. Membantu meredakan nyeri punggung bagian bawah
  15. Membentuk pinggul lebih seksi
  16. Membentuk otot dada
  17. Memperbaiki postur tubuh supaya tidak bungkuk
  18. Mencegah penyakin kronis, seperti kanker, diabetes, paru-paru, kanker usus dan lain sebagainya.
Lanjutkan Membaca ↓