4 Manfaat Protein, Bisa Atasi Rambut Rontok dan Menyehatkan Kulit

Oleh Novie Rachmayanti pada 08 Okt 2019, 12:25 WIB
[Bintang] Ji Chang Wook

Bola.com, Jakarta - Manfaat protein sangat positif bagi kesehatan tubuh, kekuatan otot, dan meningkatkan stamina. Namun zat protein bukan hanya sebagai sumber energi, melainkan juga baik untuk rambut dan kulit.

Protein merupakan satu di antara zat yang dibutuhkan tubuh dan semua sel di dalamnya. Pada dasarnya, tubuh manusia sangat membutuhkan kandungan protein guna mengembangkan dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk bagian kulit dan rambut.

Manfaat protein juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon, enzim, serta berbagai jenis zat kimia lainnya. Proten juga berperan sangat penting dalam pembentukan otot, tulang, kulit dan darah.

Tak jarang orang mengalihkan menu kabohidrat menjadi protein sebagai asupan sehari-hari. Sebut saja pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Dia lebih banyak memakan protein, dan kabohidrat yang relatif sedikit.

Hal itu dikarenakan protein dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi tumpukan lemak. Tak heran, banyak orang menjadikan protein sebagai menu andalan. Selain membantu diet, protein juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Berikut adalah manfaat protein bagi kesehatan tubuh yang dirangkum oleh tim Bola.com, Selasa (8/10/2019). Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahula jenis makanan yang kaya protein.

 

2 of 7

Makanan Berportein Tinggi

Makan sayur dengan protein
Makan sayur dengan protein. (Foto: Fimela/ Vinsensia Dianawanti)
  • Susu, atau produk olahan susu lainnya seperti yogurt dan keju
  • Telur, satu telur mengandung sekitar 6 gram protein
  • Seafood atau makanan laut yang mengandung omega 3 dan 6, seperti ikan laut dan udang
  • Daging, bisa berupa daging merah maupun daging ayam. Jangan memilih daging yang berlemak ya!
  • Kacang-kacangan, mulai dari kacang polong, kacang mete, kacang Arab, kacang merah dan hitam, kacang tanah, hingga kacang kedelai beserta produk olahannya yaitu tempe dan tahu.
  • Buah-buahan berprotein tinggi seperti jambu, kurma, alpukat, nangka, kismis, jeruk, dan pisang.
  • Sayur-sayuran seperti brokoli, kobis atau kol, kentang, jamur, bayam, jagung, 

 

3 of 7

Ciri-ciri Orang Kekurangan Protein

  1. Meningkatnya keinginan untuk mengonsumsi makanan manis berlebih
  2. Sering kurang fokus
  3. Rambut mudah rontok, gatal dan berketombe
  4. Tubuh mudah lesu, lemas, maupun malas bergerak aktif

Apabila memiliki keluhan seperti di atas, maka sebaiknya Anda perlu mengonsumsi makanan berprotein tinggi setiap hari.

 

4 of 7

1. Manfaat Protein: Mengurangi Rambut Rontok

Apakah Anda memiliki keluhan rambut rontok? Protein adalah solusinya.

Tak sedikit orang memiliki masalah rambut rontok, terutama kaum wanita. Hal itu biasa terjadi selepas keramas maupun saat menyisir atau merapikan rambut.

Masalah ini memiliki berbagai penyebab, mulai dari faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, kurang aktifnya kelenjar tiroid, kekurangan zat gizi tertentu, kanker, stres, hingga salah memilih shampo atau perawatan rambut lainnya.

Memakan protein menjadi salah satu solusi alami untuk mengurangi keluhan tersebut, ketimbang Anda melakukan laser, hingga transplantasi rambut.

Mengapa demikian? Karena protein sebagai salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Zat ini cukup berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

Tentunya Anda tidak boleh terpaku dengan memakan kandungan protein. Tetapi juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan rambut. Jangan biarkan kulit kepala terlalu berkeringat, lindungi rambut dari sinar matahari, dan lain sebagainya. 

5 of 7

2. Manfaat Protein: Menyehatkan Kulit

Pada dasarnya, setiap orang sangat ingin memiliki kulit yang sehat. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi protein secara rutin. Tak hanya bagi rambut, zat ini juga mampu mengembangkan sel-sel yang bekerja untuk kulit.

Protein memiliki manfaat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel tubuh yang sudah mati. Oleh sebab itu, zat ini mampu merawat kulit tetap sehat.

 

6 of 7

3. Manfaat Protein: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein juga penting untuk memelihara kesehatan jantung. Zat ini dapat memberikan perlindungan khusus dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari makanan.

Setelah itu, protein akan mengancam jenis kolesterol jahat yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Itulah sebabnya protein memiliki peran penting supaya terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung lain.

 

7 of 7

4. Manfaat Protein: Meningkatkan Kekebalan dan Sistem Imun Tubuh

Manfaat protein lainnya juga dapat menjaga sistem imun tubuh. Zat ini dapat menangkal segala benda asing berbahaya yang menyerang tubuh seperti bakteri atau virus

Hal itu dikarenakan tubuh akan membentuk antibodi sebagi sistem pertahanan tubuh. Sehingga virus dan bakteri tersebut tidak dapat berkembang dalam tubuh Anda. Proses metabolisme membutuhkan dukungan yang kuat dari protein.

Setelah itu, protein akan mendukung metabolisme yang akan membuat tubuh lebih sehat karena semua proses pencernaan.

Penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa dicerna dengan baik. Sehingga metabolisme dan kekebalan tubuh juga meingkat, hal itu akan membuat tubuh lebih kuat.

Lanjutkan Membaca ↓