Macam-macam Diet yang Harus Dipelajari Lebih Dulu Supaya Tidak Gagal

Oleh Novie Rachmayanti pada 09 Okt 2019, 12:50 WIB
Aurel Hermansyah

Bola.com, Jakarta - Macam-macam diet bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan secara efektif. Namun, tidak semua orang berhasil melakukan diet.

Kegagalan tersebut penyebabnya beragam. Terkadang, ada orang yang asal-asalan memilih jenis diet, padahal tidak cocok dan diterima baik oleh tubuh. Alhasil diet tersebut malah dapat menurunkan kondisi kesehatan akibat berat badan berkurang. Bahkan ada juga yang justru malah berat badan membengkak lantaran keliru memilih diet.

Selain demi menjaga kesehatan maupun penampilan, diet telah dijalani banyak orang di berbagai belahan dunia.

Banyak yang berharap diet bisa mempermudah hilangnya lemak berlebih di tubuh. Jenis diet yang dijalani mulai dari berolahraga maupun mengatur pola makan.

Diet menjadi pola hidup sehat yang tidak hanya berguna menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membuat awet muda. Berkat diet, tubuh akan terlihat lebih ideal dan sehat.

Bagi Anda yang ingin memulai diet, terapkan salah satu jenis diet setidaknya dalam sebulan. Jika tidak cocok, cobalah macam-macam diet lainnya. Tetapi Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahrga fisik supaya membakar lemak lebih efektif.

Pada dasarnya, diet hanya mengontrol asupan makanan dan mengantisipasi kelebihan berat badan. Namun jika tidak disertai olah fisik, diet bakal sia-sia lantaran lemak dan racun dalam tubuh tidak keluar melalui keringat.

Berikut tim bola.com merangkum macam-macam diet yang perlu diperhatikan supaya tidak gagal.

 

2 of 5

1. Diet Mayo

[Bintang] Kombinasi Makanan Diet Mayo yang Bikin Ngeces
Ilustrasi menu diet mayo | via: tipsdiet.net

Diet mayo adalah keharusan seseorang untuk menghindari makanan asin. Jenis diet ini juga sangat perlu disertai berolahraga fisik.

Namun sayangnya, banyak orang yang keliru dalam penerapan diet mayo. Mereka menganggap jenis ini erat kaitannya dengan diet grapefruit, alias diet mayo palsu yang memaksa seseorang untuk mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi.

Diet grapefruit memang menjanjikan penurunan berat badan mencapai 5 kilogram dalam waktu dua minggu. Tetapi cara diet mayo palsu itu kurang direkomendasikan, karena akan membuat seseorang tidak hanya kehilangan lemak, melainkan tubuh juga bisa kehilangan cairan.

Anda hanya perlu mengurangi makanan asin secara teratur demi sukses melakukan jenis diet yang satu ini. Jangan terlalu menyiksa tubuh, karena akan berisiko kekurangan gizi.

3 of 5

2. Diet OCD

Deddy Corbuzier
Diet OCD yang dilakukan Deddy Corbuzier, membuat dirinya juga dikenal sebagai seorang motivator kesehatan. (Liputan6.com/IG/mastercorbuzier)

Diet OCD (Obsessive Combuzier’s Diet) menjadi salah satu jenis populer. OCD dinilai lebih efektif menurunkan berat badan. Terlebih, jenis diet ini memungkinkan Anda tetap memakan apapun.

Tetapi perlu diingat bahwa porsi makan dalam diet ini jangan terlalu banyak. Ketika memulai diet, Anda boleh makan selama kurun waktu 8 jam. Tetapi beberapa hari kemudian, waktu makan tersebut akan berkurang menjadi 6 jam, hingga 4 jam saja.

Setelah itu, Anda hanya boleh minum air putih. Diet OCD terbilang cukup efektif dan memberikan dampak positif bagi tubuh.

Diet OCD merupakan hasil pengalaman pribadi dari seniman ilusi dan sulap, Deddy Corbuzier. Faktanya Deddy sanggup membentuk tubuhnya makin berotot, sehat bugar, dan tampak awet muda. Namun, Deddy juga menerapkan olahraga fisik supaya hasilnya lebih maksimal.

Jika Anda tidak terbiasa, lakukanlah diet ini semampunya. Jangan terlalu memaksakan. Apabila tubuh tidak kuat, makanlah secukupnya baik itu buah-buahan maupun sayuran.

 

4 of 5

3. Diet Shake

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Susu Almond untuk Diet
Susu almond lebih baik untuk kepentingan dietmu, lho!

Diet shake dapat mendorong penurunan berat badan dengan mencegah nafsu makan dan mengurangi total kalori. Anda hanya perlu mengonsumsi susu dan protein rendah dalam program diet ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010 mengungkapkan diet shake mengandung nutrisi makro esensial bagi tubuh, sehingga berhasil menurunkan berat badan hingga 93 persen.

Jenis diet shake juga dapat mengubah komposisi tubuh termasuk perbaikan pada komponen radang dan stres oksidatif yang merupakan faktor kunci pemicu penyakit kronis.

Terlebih, diet ini dapat diandalkan ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja dan menyiapkan makanan sehat.

5 of 5

10 Tips Diet Supaya Tidak Gagal

Diet tidak hanya demi mendapatkan berat badan ideal, tapi juga agar memiliki tubuh sehat. Anda tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara ketat, mengonsumsi makanan yang tidak enak, atau bahkan membuat diri sendiri kelaparan.

Terkadang apabila membiarkan perut kelaparan, justru akan memicu nafsu makan berlebih. Karena itulah Anda perlu memerhatikan tips diet supaya tidak gagal:

  1. Mengatur jadwal makan
  2. Pilih makanan yang tepat, tidak berlemak, tidak mengandung asin dan manis berlebihan
  3. Kunyah makanan dengan benar. Jangan terlalu cepat ya!
  4. Tidak membiarkan tubuh kelapran
  5. Pilih menu sarapan buah dan sayur
  6. Perbanyak minum air putih
  7. Utamakan makanan yang dikukus, direbus, dan dipanggang
  8. Istirahat cukup
  9. Hindari minuman bersoda dan beralkohol
  10. Olahraga teratur
Lanjutkan Membaca ↓
Sportylife