6 Lomba Maraton Berkonsep Unik di Dunia, Indonesia Perlu Mencoba

Oleh Novie Rachmayanti pada 09 Okt 2019, 14:55 WIB
Maraton Ekstrem Menyusuri 250 Km Gurun Sahara

Bola.com, Jakarta - Lari jarak jauh sepanjang 42,195 kilometer atau maraton bukan lagi sekadar olahraga. Maraton telah menjelma menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat, terutama di perkotaan. 

Bagi yang sangat menyukai olahraga ini, mereka tidak akan ragu merogoh kocek dalam-dalam demi mengikuti lomba maraton, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Modal mengikuti lomba maraton memang tidak sedikit. Biaya pendaftaran pada event maraton saja sudah menguras kocek. Biasanya di Indonesia lomba lari untuk 5K saja bisa dibanderol Rp150 ribu hingga Rp250 ribu.

Namun, ada pula event maraton yang gratisan karena mendapat suntikan dana murni dari sponsor.

Di Indonesia, event maraton cukup beragam, seperti fun run, marathon night run, beach run, trail run, colour run, dan lain sebagainya. Lomba lari juga tentunya memiliki kategori jarak yang beragam mulai dari 5k, 10k, Half Marathon/HF (21k), Full Marathon/FM (42k), hingga ultramarathon.

Bagi pelari yang hanya ingin bersenang-senang, biaya pendaftaran lomba maraton mungkin terbilang mahal. Tetapi, bagi pelari yang mengejar gengsi dan podium, bisa jadi harga tersebut sebanding dengan apa yang didapat.

Bahkan tak sedikit yang rela mengikuti lomba lari sampai ke luar negeri, alias go internasional. Mereka biasanya ingin meningkatkan kemampuan dan mencari suasana maraton yang berbeda dari Indonesia.

Bola.com merangkum lima event maraton berkonsep unik di dunia yang perlu digelar dan dicontoh oleh Indonesia, seperti dilansir oleh Runners World.

 

2 of 7

1. Rock 'n' Roll Marathon Series

Rock 'n' Roll Marathon Series adalah event lomba lari yang diadakan salah satu bagian dari perusahaan asal China, Wanda Sports Holdings. Acara ini dilengkapi dengan live music atau band, cheerleaders, hingga themed water stations.

Event ini digelar di sejumlah negara. Dalam waktu dekat, Rock 'n' Roll Marathon Series akan berlangsung di ibu kota Denver, negara bagian Colorado pada 10-20 Oktober 2019.

 

3 of 7

2. Walt Disney World Marathon

Walt Disney World Marathon adalah event lari tahunan yang diadakan setiap Januari di Orlando, Florida. Lomba yang digelar sejak 1994 itu menarik minat puluhan ribu pelari.

Maraton ini adalah lomba lari yang meluncurkan Disney Endurance Series pertama kalinya, yang kini digelar oleh Disney.

Tentunya event ini dimeriahkan oleh karakter Disney, live band, akrobat, hingga komedian.

 
 
 
View this post on Instagram

Peer pressure at its best. We all signed up for another half at Disney!#avengersandbenders #waltdisneyworldmarathonweekend2017

A post shared by brittany (@bleary_89) on

 

4 of 7

3. Surf City USA Marathon

Surf City USA Marathon membawa peserta berlari di sepanjang jalur datar dan cepat dengan suguhan suasana pinggir pantai di Southern Coast Pacific, California Selatan. Event ini menjadi lomba lari terbesar di negara bagian tersebut. 

 

5 of 7

4. Hatfield-McCoy Marathon

Hatfield-McCoy Marathon membuat para pesertanya berlari melalui perbukitan di Kota Kentucky Timur, Williamson Selatan. Mereka akan melewati situs-situs bersejaran dan kota-kota pedesaan Appalachian. Lomba lari ini bisa dibilang anti-mainstream.

 

 

6 of 7

5. Beat the Blerch Marathon

Beat the Blerch Marathon adalah event maraton terunik di Carnation, Washington. Lomba ini terinspirasi dari This Comic About Running.

Jalur maraton yang dilalui peserta melewati hutan-hutan hijau dan lembah Snoqualmie. Peserta bisa menikmati suasana yang lebih sejuk ketimbang berlari di jalan pada umumnya.

 

7 of 7

6. Chicago Marathon

Siapa yang tidak tahu Chicago Marathon? Event lomba lari terbesar di dunia selain Tokyo, Berlin, New York, dan London Marathon.

Chicago Marathon berlangsung setiap Oktober dan merupakan perlombaan dengen Label Emas IAAF yang diikuti oleh puluhan ribu peserta. Bahkan event ini kerap diikuti oleh sederet bintang Tanah Air.

Lanjutkan Membaca ↓
Sportylife