Sukses


16 Obat Asam Urat ini Tidak Perlu Keluarkan Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda sering mengalami nyeri sendi secara tiba-tiba? Jangan dibiarkan, itu bisa berisiko memperparah asam urat. Banyak orang yang menganggap nyeri sendi sepele dan menyebutnya hanya encok sesaat. Namun, anggapan itu keliru.

Penyakit tersebut dipicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Akibat yang paling sering terjadi adalah radang sendi asam urat atau dikenal dengan istilah gout arthritis. Pada kondisi tersebut, seseorang membutuhkan obat asam urat yang bisa diandalkan.

Penderita asam urat biasanya akan merasakan rasa nyeri luar biasa pada sendinya, bahkan sering disertai dengan pembengkakan. Sendi berubah menjadi kemerahan karena proses peradangan yang sedang terjadi.

Pada kondisi radang sendi asam urat, pemijatan sangat tidak dianjurkan. Sehingga obat asam urat menjadi alternatif utama.

Sebaiknya pilihlah obat asam urat alami, karena tidak memberikan efek samping yang besar seperti obat kimia pada umumnya.

Obat asam urat memang banyak terjual di pasaran, baik yang berupa tablet maupun dalam bentuk bubuk ramuan jamu herbal. Namun, jangan sembarangan mengonsumsi obat tersebut apabila tanpa anjuran dokter. Jika salah membeli obat, maka akan berisiko memperparah nyeri sendi.

Anda juga bisa meracik obat asam urat secara alami di rumah tanpa mengeluarkan biaya mahal. Sebelum mengetahui apa saja obat tersebut, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu gejala atau tanda-tanda penyakit asam urat.

 

2 dari 4 halaman

Gejala dan Tanda-tanda Asam Urat

Gejala asam urat biasanya muncul apabila penderita sudah merasakan nyeri yang akut atau justru kronis. Gejala asam urat yang paling umum adalah:

- Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari

- Sendi bengkak dan lunak

- Sendi kemerahan

- Rasa panas di sekitar sendi

Gejala asam urat sering muncul tiba-tiba, alias tidak dapat diprediksi, bahkan kerap nyeri pada tengah malam. Gejala itu biasanya hanya belangsung dalam beberapa jam selama 1-2 hari.

Namun, ada pula kasus yang parah, yakni nyeri pada sendi bisa terjadi selama berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala tersebut, maka asam urat yang Anda miliki terbilang parah.

Bahkan ada pula yang memiliki gejala encok hingga 6-12 bulan dengan intensitas yang berbeda setiap harinya. Apabila Anda mengalaminya, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

 

3 dari 4 halaman

16 Obat Asam Urat Alami Tanpa Mengeluarkan Biaya Mahal

  1. Buah ceri
  2. Jahe
  3. Cuka apel
  4. Jus lemon
  5. Kunyit
  6. Seledri
  7. Teh jelatang
  8. Garam epsom
  9. Minum air yang telah dicampur baking soda
  10. Madu hitam
  11. Pisang
  12. Buah apel
  13. Berendam di dalam air yang dicampur bubuk arang
  14. Bunga rosella
  15. Daun sirsak
  16. Terapi air hangat

 

4 dari 4 halaman

Pantangan Penderita Asam Urat

Bagi Anda yang memiliki keluhan asam urat, sebaiknya Anda menghindari hal-hal berikut:

1. Mengonsumsi makanan yang tinggi purin seperti jeroan, kaldu danging, sosis, bebek dan berbagai jenis seafood.

2. Pola makan tidak sehat

3. Jarang minum air putih

4. Malas berolahraga

Video Populer

Foto Populer