Sukses


25 Manfaat Buah Naga, Bikin Kulit Cantik dan Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Bola.com, Jakarta - Buah-buahan punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk buah naga. Tubuh jika kekurangan buah biasanya akan mudah lesu, mengalami gangguan pencernaan, hingga berisiko terserang penyakit lantaran kekurangan vitamin.

Tumbuhan buah naga termasuk dalam jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kendati berasal dari Meksiko, buah yang satu ini banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan masih banyak lagi.

Daging buah naga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, sup buah, salad, atau sebagai perasa dan pewarna alami makanan. Buah naga merah memiliki warna keunguan yang khas, berbeda dengan buah naga putih.

Sama seperti buah naga merah, daging buah naga berwarna putih juga memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Buah naga mengandung kalori yang cukup rendah. Tetapi buah ini kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah naga yang lebih efektif, maka Anda perlu mengonsumsinya secara rutin. Buah naga terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh lantaran memiliki banyak kandungan vitamin.

Manfaat dalam kandungan buah naga sangat baik bagi pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral pada kulit manusia. Mereka yang mengonsumsi buah naga secara rutin bisa memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih cantik serta awet muda.

Saking banyaknya kandungan nutrisi, makan buah naga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda perlu mengetahui aturan sebelum mengonsumsi buah naga supaya tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

 

2 dari 3 halaman

Efek Samping Buah Naga

Buah naga kaya nutrisi dan memberikan manfaat besar. Namun, buah yang satu ini juga dapat memberikan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Buah naga dapat menimbulkan masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya seperti sakit perut, sindrom iritasi usus, dan perut kembung. Penyebabnya, buah naga memiliki serat yang cukup tingi.

Apabila terlalu banyak makan buah naga, maka akan menimbulkan masalah lain, seperti penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas pada usus, penyumbatan usus, sakit perut dan perut kembung. Tetapi tak perlu khawatir, Anda hanya perlu membatasi asupan buah naga supaya tidak berlebihan.

Baca juga info terkait di sini.

3 dari 3 halaman

20 Manfaat Buah Naga

  1. Mengurangi berat badan
  2. Menyehatkan kulit, terlihat lebih cantik dan awet muda
  3. Mengobati jerawat
  4. Mendetoks racun yang berasal dari endapan sisa makanan
  5. Melancarkan buang air besar (BAB)
  6. Mencegah kanker
  7. Terhindar dari diabetes
  8. Mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung serta terhindar dari penyakit stroke
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  10. Membantu masalah pencernaan
  11. Meringankan batuk dan asma
  12. Meningkatkan kekuatan tulang
  13. Melancarkan peredaran darah
  14. Menjaga keseimbangan tubuh
  15. Mencegah anemia (kekurangan darah)
  16. Meredakan panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan
  17. Mencegah osteoporosis
  18. Meingkatkan kekebelan tubuh
  19. Menambah stamina
  20. Mencegah risiko keguguran dan kelahiran prematur bagi ibu hamil
  21. Meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan janin
  22. Membantu perewatan rambut
  23. Menyehatkan mata
  24. Meningkatkan kecerdasan otak
  25. Menurunkan kadar kolestrol tinggi

Video Populer

Foto Populer