Sukses


5 Obat Tidur Alami, Ampuh Atasi Insomnia

Bola.com, Jakarta - Tidur adalah kebutuhan alamiah setiap manusia karena baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Jika seseorang kurang tidur, performa bisa menurun dan rentan terkena penyakit.

Itulah sebabnya tidur sangat penting bagi semua individu. Namun, ada juga orang yang memiliki masalah insomnia, alias susah tidur.

Demi mengatasi insomnia ada yang mengonsumsi obat tidur yang mengandung bahan kimia. Cara tersebut berbahaya dan dapat memberikan efek samping buruk pada tubuh.

Selain itu, banyak juga yang membeli obat tidur di apotek tanpa resep dokter. Padahal, itu bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi masalah gangguan tidur.

Untuk meningkatkan kualitas tidur sebenarnya bisa dilakukan dengan cara alami. Mulai dari berolahraga, hingga mengonsumsi makanan tertentu.

Obat tidur alami kerap dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Obat tidur alami tidak memiliki efek samping dan juga tidak menyebabkan ketergantungan, berbeda dengan obat-obatan kimiawi.

Lantas apa saja obat tidur yang ampuh untuk mengatasi insomnia? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 7 halaman

1. Obat Tidur Alami: Susu dan Makanan Mengandung Magnesium

Susu adalah salah satu minuman yang dapat dijadikan obat tidur alami. Anda bisa meminum satu gelas susu murni sebelum tidur.

Kandungan magnesium dalam susu dipercaya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Kantuk pun lebih mudah datang ketika tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. 

Anda juga bisa mengonsumsi makanan alami yang kaya magnesium. Mulai dari alpukat, kacang-kacangan, pisang, bayam, brokoli, gandum, hingga sawi hijau.

 

3 dari 7 halaman

2. Obat Tidur Alami: Teh Bunga Chamomile

Chamomile merupakan obat tidur alami yang diperaya ampuh mengatasi insomnia sejak zaman dahulu. Anda bisa menemukan bahan alami ini di pasaran yang telah diolah menjadi teh, ekstrak, hingga minyak aromatik.

Teh bunga chamomile dikenal sebagai obat tidur alami lantaran mampu menenangkan tubuh seseorang. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan susu, madu atau irisan lemon supaya tubuh lebih sehat dan bugar ketika bangun pada pagi hari.

 

4 dari 7 halaman

3. Obat Tidur Alami: Tomat

Tomat adalah salah satu bahan alami yang mudah didapatkan di pasaran. Jenis sayuran ini ternyata mampu memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya mengatasi insomnia.

Tomat memiliki kandungan melatonin yang tinggi sehingga dapat mengendalikan siklus tidur seseorang.

Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung seperti memakan buah apel. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothie.

 

5 dari 7 halaman

4. Obat Tidur Alami: Daun Selada

Daun selada biasanya dijadikan menu pelengkap atau lalapan. Namun tanpa disadari, kandungan zat dalam daun selada mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan.

Anda bisa mengonsumsi 1-2 lembar daun selada untuk membantu mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Jenis sayuran yang satu ini juga mampu meredakan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi.

 

6 dari 7 halaman

5. Obat Tidur Alami: Lavender

Lavender adalah salah satu bahan alami yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tanaman dengan bunga berwarna ungu ini memiliki aroma terapi yang dapat menenagkan tubuh dan mempercepat tidur.

Sejumlah penelitian menyatakan mencium aroma lavender selama 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

 

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain dengan bahan alami, Anda juga bisa mengatasi insomnia dengan cara tertentu sebagai berikut:

  1. Rajin berolahraga
  2. Lakukan yoga dan meditasi
  3. Kurangi minuman yang mengandung kafein
  4. Kurangi Merokok
  5. Jangan menggunakan headset atau earphone sebelum tidur
  6. Kurangi menggunakan gadget sebelum tidur
  7. Matikan lampu ruangan supaya lebih rileks
  8. Makan berat sebaiknya 2-3 jam sebelum tidur
  9. Jangan minum terlalu banyak supaya perut tidak kembung dan tidur lebih nyaman
  10. Atur posisi tidur dengan baik

Video Populer

Foto Populer