Sukses


5 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan Tubuh, Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki keluhan bau mulut atau napas tak sedap? Daun mint adalah solusinya. Manfaat daun mint dipercaya dapat membuat napas jauh lebih segar.

Berkat aroma dan kesegarannya yang khas, jenis daun yang satu ini banyak diolah menjadi produk penyegar napas, mulai dari cairan kumur, pasta gigi, permen, hingga minuman.

Tetapi sebaiknya Anda perlu mencoba mengonsumsi daun mint asli, alias sebelum diolah menjadi produk. Meski berukuran kecil, daun mint memiliki banyak kandungan nutrisi.

Daun mint merupakan salah satu tanaman sumber vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya mata. Daun ini juga kaya antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Melansir dari Medical News Today, kandungan daun mint bisa mengurangi asupan natrium berlebih yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, daun mint memiliki ragam manfaat lainnya untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan rongga mulut, meringankan keram saat menstruasi, dan meningkatkan fungsi otak. Berikut lima manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang ampuh mengusir bau mulut.

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Daun Mint: Gigi Sehat dan Napas Segar

Berbagai hasil penelitian menyatakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung daun mint dapat memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan. Oleh karena itu, daun mint ampuh menghilangkan bau mulut atau napas tak sedap.

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung dan mint juga diproduksi untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi, gusi dan dinding mulut.

Namun, di luar dari berbagai produk olahan, Anda bisa memetik lebih banyak manfaat daun mint apabila dikonsumsi secara langsung dan alami. Anda bisa membuatnya menjadi infused water dengan dicampur irisan lemon.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Daun Mint: Menjaga Kesehatan Mata dan Rambut

Manfaat daun mint selanjutnya dapat menjaga kesehatan mata. Daun mint memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A. Tentu khasiat ini sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan dan lanjut usia.

Selain itu, daun mint memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan rambut dengan mengatasi masalah ketombe sekaligus menyegarkan kulit kepala. Anda bisa memilih shampo dengan kandungan daun mint.

Anda juga bisa memakai minyak daun mint agar dapat menstimulasi aliran darah ke kulit kepala yang pada akhirnya merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan daun mint juga bermanfaat untuk mengikat folikel rambut dengan protein yang membuat rambut lebih bercahaya dan sehat.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Daun Mint: Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung mampet sering menjadi salah satu masalah yang paling membuat seseorang merasa terganggu. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa memetik manfaat daun mint untuk mengatasinya.

Daun mint merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk obat flu. Tumbuhan ini memiliki aroma mentol yang bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi.

Selain itu, daun mint memiliki sifat antibakteri daun yang dapat mengobati infeksi akibat serangan bakteri. Daun mint juga berguna bagi penderita asma, karena mampu melonggarkan saluran pernapasan. Anda bisa menghirup aroma daun mint atau meminumnya sebagai teh.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Daun Mint: Meredakan Sakit Kepala

Berdasarkan berbagai hasil penelitian, minyak daun mint yang dioleskan di dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala. Oleh karena itu, banyak produk minyak aromatik dengan menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya.

Daun mint mampu meredakan kepala tegang yang biasanya muncul ketika seseorang mengalami stres atau cemas berlebihan. Tak hanya itu, daun mint dapat menyembuhkan sakit kepala yang diakibatkan oleh konsumsi minuman beralkohol berlebihan. 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Daun Mint: Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint selanjutnya adalah meringankan mual dan gangguan pencernaan. Tanaman herbal tersebut dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. 

Daun mint juga dapat meredakan mual, termasuk gejala morning sickness bagi ibu hamil. Di sisi lain, daun mint dapat memperbaiki aliran empedu yang digunakan tubuh untuk mencerna lemak, serta menenangkan otot perut

Video Populer

Foto Populer