Sukses


20 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan, Baik untuk Diet

Bola.com, Jakarta - Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Alpukat baik dikonsumsi anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia).

Selain rasanya yang enak, alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan buah ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang berhasrat menurunkan berat badan.

Alpukat disebut mengandung lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin. Tak hanya lemak baik, buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A,B,C,E, dan K serta karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium.

Di sisi lain, alpukat juga kaya akan sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga dipercaya dapat mencegah risiko terkena penyakit diabetes.

Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Itulah mengapa buah alpukat sangat baik sebagai sumber lemak sehat ketimbang makanan lainnya. Selain itu, lemak pada alpukat dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit hingga mencegah gejala sindrom iritasi usus besar.

Namun, masih banyak lagi manfaat dari buah alpukat baik bagi kesehatan tubuh, rambut, maupun kecantikan. Berikut adalah 15 manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan
  2. Menjaga kesehatan mata
  3. Meningkatkan kinerja otak
  4. Membantu perkembangan otak janin bagi ibu hamil
  5. Membantu menurunkan berat badan
  6. Meringankan gejala arthritis
  7. Mencegah penyakit kanker
  8. Menjaga kesehatan rambut
  9. Mencegah penyakit jantung
  10. Menjaga gula darah dan mencegah diabetes
  11. Menurunkan kolesterol
  12. Menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung
  13. Menurunkan berat badan
  14. Menyehatkan kulit
  15. Mencegah radang sendi dan encok
  16. Mencegah tekanan darah tinggi
  17. Menangkal radikal bebas dan detoks racun
  18. Menjaga kesehatan mata
  19. Mencegah cacat lahir
  20. Mengurangi risiko stroke

 

3 dari 3 halaman

Alpukat Untuk Diet

Banyak orang mengira alpukat bisa menambah berat badan karena mengandung lemak. Fakta itu perlu diluruskan. Justru buah alpukat memiliki kandungan lemak baik yang tidak jenuh.

Artikel menarik lainnya.

Anda perlu mengonsumsi buah alpukat sebagai pengganti makanan berat. Tetapi Anda sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan, tetapi diimbangi juga dengan menu sehat lainnya untuk menyeimbangkan nutrisi bagi tubuh.

Alpukat mudah mengenyangkan, sehingga dapat menurunkan nafsu makan, terutama keinginan mengonsumsi makanan berat. Berikut adalah tips alpukat untuk diet:

  1. Konsumsi alpukat sebelum makan
  2. Lakukan secara rutin, pagi, siang, dan malam untuk mengurangi porsi makan berlebih
  3. Jangan campurkan dengan gula, sebaiknya pilih madu sebagai bahan pemanis alami
  4. Jangan campurkan dengan susu
  5. Makan langsung tanpa diolah menjadi jus akan sangat berkhasiat

Video Populer

Foto Populer