Sukses


5 Manfaat Jagung Bagi Kekuatan Tubuh, Bisa Bantu Naikkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Jagung adalah salah satu hasil pertanian yang dijual di pasaan dengan harga relatih murah. Sayuran yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jagung bisa dikonsumsi oleh semua orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Cara mengonsumsi jagung bisa dengan berbagai cara, direbus maupun dibakar. Selain itu, jagung bisa diolah menjadi berbagai menu masakan, mulai dari sayuran, minuman atau jus, bubur, aneka camilan, hingga puding.

Jagung juga bisa menjadi pengganti beras dan gula. Alasannya, jagung memiliki zat-zat gizi yang penting dan sehat bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Jagung meiliki kandungan lemak baik. Selain menjadi menu diet, jagung juga sebenarnya bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menambah berat badan. 

Jagung memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, mineral, mangan, magnesium, seng, dan tembaga. Tentu juga terdapat berbagai vitamin, yakni A, B, dan C. Di samping itu, jagung juga mengandung antioksidan sepert asam ferulat, antosiani, dan lain sebagainya.

Saking banyaknya nutrisi, jagung memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Jagung: Menjaga Kesehatan Mata

Biasanya orang mengira sayuran yang paling penting bagi mata adalah wortel. Namun sebenarnya jagung juga mampu menjaga kesehatan indera penglihatan.

Jagung memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A cukup tinggi. Dengan mengonsumsi jagung, maka Anda telah menjaga asupan lutein dan zeaxanthin.

Dua kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata, terutama pada lensa dan retina. Sehingga dapat mengurangi risiko katarak atau makula.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Jagung: Menambah Berat Badan

Tak semua orang di dunia ini ingin menurunkan berat badan. Tetapi ada pula yang justru ingin menambah berat badan. Terkadang mereka berusaha menambah ukuran tubuh dengan makan banyak hingga mengonsumsi obat penggemuk badan.

Tentu cara tersebut sedikit rawan bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi jagung untuk menambah berat badan. Sayuran ini mengandung lebih dari 300 kalori per 100 gramnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Jagung: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jagung memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan jagung bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL), sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sayuran yang satu ini juga kaya akan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Jagung juga memiliki sifat anti-atherogenc yang dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Jagung: Baik untuk Pencernan

Jagung mengandung serat tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Kemudian serat pada jagung juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan empedu, sehingga sangat baik untuk tekstur tinja yang mudah dibuang.

Selain itu, jagung juga dipercaya bisa mencegah atau menurunkan risiko kanker usus atau iritasi pada usus. Kandungan serat dalam jagung mampu menjaga kesehatan usus Anda.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Jagung: Mencegah Risiko Kanker

Sebuah penelitian Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan jagung kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, jagung juga kaya akan asal ferulat, agen antikarsinogenik yang terbukti efektif untuk melawan tumor yang menyebabkan kanker payudara dan hati.

Video Populer

Foto Populer