Sukses


5 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami dan Cepat

Bola.com, Jakarta - Diabetes merupakan satu di antara penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa). Biasanya pasien diabetes melakukan berbagai cara untuk menyembuhkannya.

Berdasarkan data International Diabtes Federation (IDF) Atlas 2017, Indonesia menduduki peringkat keenam dengan jumlah sekitar 10,3 juta orang menderita diabetes pada rentang usia 20-79 tahun.

Banyak dari mereka yang melakukan pengobatan di rumah sakit dengan biaya mahal dan menggunakan obat kimiawi. Tetapi, sebenarnya diabetes bisa disembuhkan secara alami.

Obat kimiawi memang cepat menyembuhkan segala penyakit, tetapi metode ini kerap menimbulkan efek samping yang tak bagus bagi kesehatan tubuh.

Menderita diabetes bukan berarti akhir dari segalanya, Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Kuncinya, Anda hanya perlu mengendalikan jumlah gula darah.

Apabila didiamkan, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah. Hal itu dapat meningkatkan risiko komplikasi berbahaya, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi diabetes, Anda perlu mengetahui tipenya terlebih dahulu.

Berikut tipe-tipe dan cara mengobati diabetes secara alami dan cepat, seperti dirangkum dari Medical News Today, Minggu (20/10/2019).

2 dari 4 halaman

Tipe Diabetes Beserta Faktor Risikonya

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini dikenal sebagai diabetes remaja. Tipe ini terjadi ketika tubuh seseorang gagal memproduksi insulin.

Faktor risiko diabetes tipe ini di antaranya adalah riwayat keluarga atau keturunan, faktor geografi, usia, atau mengonsumsi makanan pemicu diabetes.

Diabtes Tipe 2

Diabetes tipe 2 memengaruhi cara tubuh untuk menggunakan insulin. Menurut Medical News Today, diabetes memiliki hubungan kuat dengan obesitas.

Tak hanya itu, diabetes tipe ini memiliki faktor risiko lantaran distribusi lemak perut terlalu tinggi, kurang gerak atau berolahraga, usia di atas 45 tahun, hingga wanita dengan sindrom ovarium polikistik.

3 dari 4 halaman

Waspadai Gejala Diabates

  1. Mudah haus
  2. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  3. Mudah lapar
  4. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  5. Mudah merasa lemas dan lelah
  6. Pandangan mulai kabur
  7. Luka sulit sembuh
  8. Kerap menderita infeksi kulit, saluran kemih, gusi, atau vagina
4 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Diabetes

1. Melakukan Diet

Bagi pasien diabetes biasanya disarankan dokter untuk melakukan diet atau pola makan sehat. Jika didiagonosis menderita penyakit ini, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Hal ini bertujuan supaya tubuh membakar lemak jenuh dan menggunakan hasilnya sebagai sumber energi. 

Sebaiknya mengonsumsi makanan segar dan bergizi, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan sumber lemak sehat, seperti kacang-kacangan.

Menghindari makanan tinggi gula, soda manis, makanan yang digoreng, dan makanan penutup tinggi gula. Anda juga harus menahan diri dari minum alkohol.

2. Lakukan Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh setiap manusia. Olahraga sangat dianjurkan bagi pasien diabetes untuk membakar kolesterol hingga lemak dan gula dalam darah.

Olahraga yang bisa dilakukan adalah jenis kardio atau aerobik seperti lari, berenang, senam, bersepeda, jalan santai minimal 30 menit setiap hari, dan lain sebagainya. 

3. Perbanyak Asupan Gizi

Cara mengobati diabetes secara alami bagi penderita diabetes adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar kebutuhan zat gizi penting terpenuhi setiap hari. Hal ini dikarenakan penderita diabetes lebih rentan mengalami kekurangan berbagai zat gizi penting dibandingkan orang sehat.

Berikut adalah zat gizi yang harus dipenuhi bagi penderita diabetes:

  • Vitamin E sayur, kacang-kacangan, paprika merah, alpukat, mangga dan kiwi.
  • Vitamin D3 bisa didapat dari makanan seperti susu, udang, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon), hati sapi, keju dan telur.
  • Vitamin C seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat bisa menjadi sumber vitamin C yang baik.
  • Vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.
  • Vitamin B7 yakni serealia utuh, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur, susu, yoghurt, dan daging ayam.

4. Diet Puasa

Cara mengobati diabetes secara alami dan cepat adalah dengan diet puasa (intermittent fasting). Metode ini bisa dilakukan dengan membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan, tetapi harus makanan yang kaya akan nutrisi.

Misalnya, Anda diperbolehkan makan dari jam 13.00 hingga jam 21.00, selebihnya Anda harus berpuasa hingga 16 jam ke depan.

5. Istirahat Cukup

Cara mengobati diabetes secara alami lainnya adalah dengan tidur yang berkualitas tinggi atau istirahat cukup. Tidur yang cukup yaitu berdurasi 8-9 jam setiap malam. Cara ini mampu untuk mengurangi peradangan sel dan meningkatkan pensinyalan gula darah.

 

Sumber: Medical News Today

 

Video Populer

Foto Populer