Jadi Menpora, Zainudin Amali Diingatkan soal Sepak Bola oleh Jokowi

Oleh Novie Rachmayanti pada 23 Okt 2019, 09:50 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 06:18 WIB
Zainudin Amali dan Budi Karya Sumadi tiba di Istana jelang pengumuman kabinet Jokowi

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi. Sebanyak 34 menteri diperkenalkan kepada publik, termasuk Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Jokowi menunjuk Zainudin Amali sebagai Menpora yang sebelumnya dijabat oleh Imam Nahrawi. Pada sesi perkenalan, Presiden menyampaikan pesan khusus kepada Zainudin Amali.

Joko Widodo memberikan amanat kepada Zainudin untuk membenahi sepak bola Indonesia. Permintaan tersebut dilontarkan lantaran akhir-akhir ini prestasi sepak bola Tanah Air terus merosot.

"Sepak bolanya pak," tutur Jokowi saat memperkenalkan Zainudin Amali.

Zainudin Amali akan menjabat pada 2019-2024. Jokowi berharap Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru ini mampu memajukan sepak bola Indonesia.

Sebagai Menpora baru, Zainudin Amali juga memiliki sejumlah pekerjaan rumah. Dia tentu harus siap mengurus SEA Games 2019 di Filipina pada 30 November-11 Desember mendatang. Kemudian dia harus mempersiapkan Olimpiade 2020, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, serta Asian Games 2022.

Tak hanya itu, Zainudin juga harus mengurus sejumlah ajang internasional yang akan digelar di Indonesia, seperti MotoGP 2021 dan Piala Dunia Bola Basket 2023.

 

2 dari 2 halaman

Latar Belakang Zainudin Amali

Zainudin Amali
Zainudin Amali (Liputan6.com/Johan Tallo)

Zainudin Amali pernah menjadi anggota DPR selama tiga kali berturut-turut dengan daerah pemilihan (dapil) yang berbeda. Kemudian dia menduduki jabatan Ketua DPD Golkar Jawa Timur pada 2013. Pengalaman Zainudin di dunia politik semakain mantap saat menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar pada periode 2014-2019.

Pria kelahiran Gorontalo, 16 September 1962 itu menjabat di Komisi II yang mengatur Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertahanan dan Reforma Agraria.

Saat masih menjadi anggota DPR RI, Zainudin Amali pernah mengurus aset-aset olahraga Indonesia yang dipakai sebagai venue Asian Games 2018 lalu. Tak hanya menggeluti dunia politik, Zainudin Amali adalah seorang pengusaha.

Lanjutkan Membaca ↓