Kabinet Baru Jokowi dan Tradisi Menpora Berkumis yang Terhenti

Oleh Thomas pada 23 Okt 2019, 11:05 WIB
Diperbarui 23 Okt 2019, 11:05 WIB
Menpora Berkumis
Menpora Berkumis (Dok Merdeka)

Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zainudin Amali sebagai Menpora. Kepastian tersebut didapat pada dalam pengumuman Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Zainudin Amali merupakan kader Partai Golkar. Dia pernah menjadi Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Dia juga menjadi anggota DPR RI selama empat periode dengan menempati berbagai komisi.

Pria kelahiran Gorontalo itu akan menggantikan posisi Imam Nahrawi. Seperti diketahui, Imam Nahrawi tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya sebagai Menpora karena tersandung kasus korupsi.

Imam Nahrawi terpaksa mundur dari jabatannya sekitar satu bulan sebelum masa jabatannya berakhir setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka korupsi dana hibah KONI.

Pasca ditahannya Imam Nahrawi sebagai tersangka, kursi Menpora ditempati Hanif Dhakiri sebagai Pelaksana Tugas selama sebulan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

2 dari 3 halaman

Sejak 2004

menporaa-2-140115c.jpg
Dihadapan para wartawan pada Rabu 15 Januari 2014 Roy Suryo mengakui ada pesimisme ketika ia ditunjuk Presiden menjabat sebagai Menpora menggantikan Andi Malarangeng (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terpilihnya Zainudin Amali sebagai Menpora juga sekaligus mengakhiri tradisi pria berkumis sebagai orang nomor satu di kepemudaan dan olahraga Indonesia.

Sejak Kementerian Pemuda dan Olahraga diadakan kembali pada Kabinet Indonsia Bersatu pada 2004, Menpora selalu ditempati pria berkumis.

Menpora berkumis dimulai dari Adhyaksa Dault. Kader PKS ini menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian dilanjutkan oleh Andi Alfian Mallarangeng. Kader Partai Demokrat ini dipilih sebagai Menpora dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

 

3 dari 3 halaman

Kumis Tipis

Andi tak dapat menyelesaikan masa jabatannya karena dijadikan tersangka korupsi oleh KPK. Posisi Andi kemudian digantikan kader Partai Demokrat lainnya yang berkumis yakni Roy Suryo. Roy memiliki kumis tipis.

Setelah Roy, 'tradisi' Menpora berkumis dilanjutkan Imam Nahrawi. Saat baru menjabat, Imam memiliki kumis tipis. Nah, Menpora yang baru, Zainudin Amali sendiri tidak berkumis.

 

Sumber: Liputan6.com, penulis Thomar, editor Edu Krisnadefa, published 23/10/2019

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr