Sukses


7 Manfaat Singkong Rebus bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Singkong atau ketela adalah salah satu tanaman umbi-umbian sebagai pengganti makanan pokok. Singkong juga biasa diolah menjadi tepung, cemilan, dan lain sebagainya.

Singkong mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah. Meski begitu, singkong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Singkong cukup populer di berbagai negara tropis seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Terlebih, singkong tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga banyak pula makanan olahan dari singkong, baik di rebus, dibakar, maupun digoreng.

Namun, singkong lebih baik dimasak dengan direbus. Singkong rebus akan memberikan khasiat lebih maksimal ketimbang digoreng atau dibakar.

Singkong mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

Selain itu, singkong memiliki vitamin B tinggi yang bertugas meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Singkong juga memiliki senyawa asam amino esensial dan serat yang baik bagi kesehatan.

Lantas apa saja manfaat singkong rebus bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut adalah manfaat singkong seperti dirangkum dari Style Craze, Rabu (23/10/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Memilih dan Memasak Singkong

Sebelum memetik manfaat singkong rebus, Anda perlu mengetahui cara memilih dan memasak singkong yang baik dan benar seperti berikut ini:

  • Pilihlah singkong yang masih segar
  • Kupas kulitnya, dan cuci singkong hingga benar-benar bersih
  • Buanglah atau pisahkan daging singkong yang berwarna ungu
  • Potong singkong menjadi beberapa bagian, jangan terlalu besar supaya lebih cepat matang
  • Rebus singkong yang sudah direndam air
  • Ketika merebus singkong sebaiknya jangan menutup panci, supaya uap yang mengandung zat racun akan keluar. Terkadang hal ini kerap disepelekan oleh banyak orang
  • Setelah beberapa menit, coba tusuk singkong dengan garpu untuk memastikan sudah empuk dan matang atau belum
  • Setelah diangkat, tiriskan singkong hingga hangat-hangat kuku
3 dari 4 halaman

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Singkong sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Singkong mengandung serat yang tinggi dan akan membuat Anda mudah kenyang dalam jangka waku yang lebih lama ketimbang memakan roti dan nasi.

Selain dapat menurunkan berat badan, singkong juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam singkong juga tidak larut dalam air, sehingga membantu penyerapan racun yang masuk ke dalam usus Anda dan mengeluarkannya sebagai tinja.

2. Mencegah Kanker

Singkong dipercaya dapat mencegah penyakin kronis seperti kanker. Kandungan B17 dalam singkong dapat membantu menstimulasi sel darah merah.

3. Baik untuk Mata

Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti beta karoten. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang rabun.

4. Membantu Mengobati Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan otot dan sendi. Anda bisa mengonsumsi singkong rebus ataupun daunnya yang kaya akan magnesium. Cara ini dipercaya efektif karena singkong memasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium harian Anda.

5. Meningkatkan Energi dan Meingkatkan Fungsi Otak dan Saraf

Singkong rebus mengandung karbohidrat tinggi untuk meningkatkan energi. Selain itu, singkong akan meningkatkan kinerja otak karena mengandung 80 persen karbohidrat.

Di sisi lain, beberapa penelitian juga menyatakan singkong sangat penting untuk menyeimbangkan sistem saraf. Sehingga singkong dapat melawan stres, kecemasan atau depresi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan

Tak hanya daging dan daunnya yang bermanfaat, kulit singkong pun memiliki khasiat baik bagi kecantikan kulit. Jadi, Anda jangan buru-buru membuang kuitnya. 

1. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Kulit singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit. Anda bisa memisahkan kulitnya, kemudian membuat masker atau scrub. Oleskan wajah dengan baik selama beberapa menit dan basuh dengan air dingin. Lakukan cara ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Singkong juga dapat melembapkan kulit dan membuatnya semakin halus. Namun sebelum itu, Anda perlu mencuci kulitnya dengan bersih.

2. Menyehatkan Rambut

Masalah kecantikan yang banyak dialami adalah kesehatan rambut. Tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan singkong.

Anda bisa memarut singkong dan dicampur kuitnya untuk dijadikan masker rambut secara rutin dua kali dalam seminggu. Cara ini berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok.

 

Sumber: Style Craze

Video Populer

Foto Populer