VIDEO: Tradisi Menpora Pria Berkumis Terhenti

VIDEO: Tradisi Menpora Pria Berkumis Terhenti

- Presiden Joko Widodo menunjuk Zainudin Amali sebagai Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Terpilihnya Zainudin Amali sebagai Menpora juga sekaligus mengakhiri "tradisi" pria berkumis sebagai orang nomor satu di kepemudaan dan olahraga Indonesia.

Sejak Kementerian Pemuda dan Olahraga diadakan kembali pada Kabinet Indonsia Bersatu pada 2004, Menpora selalu ditempati pria berkumis.

Menpora berkumis dimulai dari Adhyaksa Dault. Kader PKS ini menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, dilanjutkan oleh Andi Alfian Mallarangeng. Kader Partai Demokrat ini dipilih sebagai Menpora dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

Andi tak dapat menyelesaikan masa jabatannya karena dijadikan tersangka korupsi oleh KPK. Posisi Andi kemudian digantikan kader Partai Demokrat lainnya yang berkumis yakni Roy Suryo. Roy memiliki kumis tipis.

Setelah Roy, "tradisi" Menpora berkumis dilanjutkan Imam Nahrawi. Saat baru menjabat, Imam memiliki kumis tipis. Nah, Menpora yang baru, Zainudin Amali sendiri tidak berkumis. (Thomas/Liputan6.com)

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 23 October 2019, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights