Sukses


Beragam Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Ampuh

Bola.com, Jakarta - Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Jika tidak dikendalikan, kolesterol akan mengendap dalam tubuh dan kadarnya semakin tinggi.

Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung. Kolesterol memiliki dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High-density Lipoprotein (HDL).

Kolesterol dimiliki oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kolesterol tinggi dipicu asupan makanan yang kurang terkontrol, terutama makanan yang berlemak.

Apabila Anda kerap mengonsumsi makanan berminyak, maka penumpukan lemak akan memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu kental manis, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol jahat tinggi, maka akan menyebabkan penyumbatan pada aliran darah. Suplai makanan menuju jantung akan terhambat oleh timbunan lemak. Oleh sebab itu, kolesterol tinggi dipercaya dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa menurunkan kolesterol dengan berbagai cara alami dan ampuh tanpa obat-obatan berbahaya. Berikut Bola.com merangkum cara menurunkan kolesterol dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019).

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Kolesterol Tinggi

- Kurang olahraga dan tidak aktif bergerak

- Mengonsumsi makanan ringan, alias mengemil

- Makan malam dan langsung tidur

- Istirahat tidak teratur

- Terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda

- Banyak mengonsumsi gula atau makanan manis

- Mengonsumsi makanan cepat saji (junk food)

- Kurang minum air putih

- Keseringan memakan masakan berminyak

- Tubuh kurang serat dan BAB tidak teratur, sehingga sisa makanan menjadi lemak

 

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Berolahraga

Diet ketat untuk menurunkan kolesterol akan sia-sia jika tidak diimbangi berolahraga. Racun dan lemak tidak bisa keluar melalui keringat dari kegiatan olah fisik.

Anda perlu berolahraga setidaknya 30-60 menit sehari secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat. Mulai dari lari, pus-up, sit-up, lompat tali, naik-turun tangga, berenang, bersepeda, senam, dan olahraga lainnya. Berolahraga adalah cara yang paling ampuh dan alami untuk menurunkan kolesterol membandel.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Buah dan Sayur

Kolesterol tinggi bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi apa pun. Justru Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Buah dan sayur mengandung serat tinggi yang larut air. Kandungan itu dapat mengikat asam empedu guna menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Berikut adalah ragam buah dan sayuran untu menurunkan kadar kolesterol:

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara menurunkan kolesterol secara alami bisa dilakukan dengan meminum air jeruk nipis atau lemon. Keduanya memiliki senyawa flavonoid. Kandungan tersebut bertindak sebagai anti-oksidan kuat guna membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Mengonsumsi satu gelas air jeruk nipis atau lemon setiap pagi dipercaya sangat efektif untuk meluruhkan lemak dan kolesterol membandel dalam tubuh.

Di sisi lain, cara ini mampu mendetoks racun pada sistem pencernaan dan membantu fungsi kerja liver. Anda hanya perlu memeras satu buah jeruk nipis atau lemon, kemudian campurkan pada segelas air hangat tanpa gula. Anda juga bisa membuat infuse water dengan buah tersebut.

2. Jambu Biji

Jambu biji berwarna merah mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini juga memiliki kadar kalium dan serat larut air untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian di Malaysia menunjukkan asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari dapat meningkatkan total kolesterol baik (HDL) dalam darah dan kadar antiosidan di dalam tubuh.

Banyak sekali kandungan dalam jambu biji yang berwarna merah. Mulai dari anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya meminum jus jambu merah secara rutin.

3. Buah Anggur

Tak hanya jambu biji dan jeruk nipis, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Senyawa antioksidan dalam anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Simak juga: 12 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Asam Urat dan Gula Darah secara Alami dengan Cepat

4. Apel

Apel dipercaya mampu menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Senyawa pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

5. Sayur Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung serat tinggi guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sayur ini akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami dan ampuh. Anda sebaiknya merebus brokoli tanpa menggunakan minyak atau bahan pengawet.

Video Populer

Foto Populer