Kiprah dan Prestasi Afridza Munandar Sebelum Tutup Usia di Malaysia

Oleh Edu Krisnadefa pada 02 Nov 2019, 19:35 WIB
Diperbarui 02 Nov 2019, 19:35 WIB
Afridza Munandar
Afridza Munandar (dok: AHRT)

Jakarta - Dunia olahraga Indonesia kembali berduka. Afridza Munandar, pembalap berusia 20 tahun, meninggal dunia dalam balapan pertama (Race 1) Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Pembalap kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, ini mengalami kecelakaan di Tikungan 10 pada lap pertama. Usai mendapatkan perawatan medis dari petugas trek, ia ditransfer ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter. Sayangnya, nyawa Afridza Munandar tak tertolong.

Afridza merupakan pembalap yang kerap mengharumkan nama Indonesia di kancah IATC. Musim ini, pembalap berusia 20 tahun itu bahkan menjadi berpeluang merebut gelar juara jika mampu tampil gemilang di Sepang.

Afridza Munandar jadi atlet Indonesia kedua yang tutup usia dalam tiga hari ini. Dua hari lalu, pemain Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu meninggal karena sakit.

2 dari 5 halaman

Sudah Dua Kali Menang

Afridza Munandar, AHM
Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Afridza Munandar, meraih hasil positif yakni finis ketujuh pada balapan pertama dan meraih podium ketiga pada Asia Talent Cup (ATC) seri kelima di Sirkuit Twin Ring Motegi. (dok. AHM)

Afridza Munandar terhitung telah mengoleksi tujuh podium, yang dua di antaranya merupakan kemenangan, sementara sisanya adalah dua kali finis kedua dan dua kali finis ketiga.

Menjelang pekan balap di Sepang, Afridza duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan 142 poin, tertinggal 27 poin saja dari rider asal Jepang, Takuma Matsuyama yang ada di puncak.

Rider yang juga lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) ini juga pernah turun di ajang balap ketahanan motor, Suzuka 4 Hours di Jepang pada Juli lalu.

3 dari 5 halaman

Juga Berprestasi di Dalam Negeri

Afridza Munandar, AHM
Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Afridza Munandar, meraih hasil positif yakni finis ketujuh pada balapan pertama dan meraih podium ketiga pada Asia Talent Cup (ATC) seri kelima di Sirkuit Twin Ring Motegi. (dok. AHM)

Afridza Munandar juga dikenal berprestasi di ajang-ajang balap dalam negeri. Ia merupakan salah satu rider yang paling mencolok dalam Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019 dengan membela Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

Pada klasemen pebalap Oneprix, Afridza ada di puncak klasemen pebalap dengan 107 poin, dengan dua kemenangan yang ia raih masing-masing di Tasikmalaya dan Sentul. Ia sejatinya masih harus turun di Seri Surabaya pada 10 November nanti.

4 dari 5 halaman

Prestasi Afridza Munandar

2013: Juara umum Jawa Barat MP5 dan Juara umum MP6

2014 Juara umum II Kejurnas MP kelas MP5 dan MP6

2015: Juara Kejurnas MP Seri V kelas MP3

2016: Medali perak PON Jawa Barat

2017: Juara nasional MP3 dan MP4

2018: Peringkat 10 Asia Talent Cup

2019: Peringkat 3 Asia Talent Cup (musim masih berjalan)

 

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (penulis Edu Krisnadefa, published 2/11/2019)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Terkait Afridza Munandar di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr