Marc Marquez Hingga Cal Crutchlow Turut Berduka atas Wafatnya Afridza Munandar

Oleh Rizki Hidayat pada 02 Nov 2019, 19:52 WIB
Diperbarui 02 Nov 2019, 19:52 WIB
Afridza Munandar
Afridza Munandar meninggal dunia menyusul balapan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). (Dok MotoGP)

Bola.com, Sepang - Pembalap muda Indonesia, Afridza Munandar, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada Race 1 Asia Talent Cup 2019 seri Malaysia. Jagoan Repsol Honda, Marc Marquez, turut berdua atas wafatnya Afridza.

Dalam balapan 13 lap yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019), Afridza Munandar menempati posisi start kelima. Namun saat balapan dimulai, Afridza kehilangan tempatnya dan harus melorot ke urutan tujuh.

Ketika memasuki Tikungan 10 pada lap 1, pembalap berusia 20 tahun itu terjatuh dari motor, setelah bersenggolan dengan pembalap yang ada di depannya. Tak lama berselang, race director mengibarkan bendera merah tanda balapan dihentikan.

Lomba tak dilanjutkan karena Afridza Munandar mengalami cedera yang cukup serius akibat kecelakaan tersebut. Setelah sempat mendapat perawatan, dia langsung dibawa ke rumah sakit di Kuala Lumpur dengan menggunakan helikopter.

Sayangnya, nyawa Afridza Munandar tak terselamatkan. Pembalap jebolan Astra Honda Racing School 2017 itu pun meninggal dunia akibat luka-luka yang dialaminya.

"FIM, FIM Asia, Dorna Sports, dan semua yang ada di Idemitsu Asia Talent Cup menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Afridza Munandar," bunyi pernyataan penyelenggara Asia Talent Cup.

2 dari 3 halaman

Ucapan Duka

Afridza Munandar
Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Afridza Munandar berhasil jadi juara di race 2 Asia Talent Cup (dok: AHRT)

Wafatnya Afridza Munandar mengundang duka sejumlah pembalap MotoGP yang juga sedang menjalani seri Malaysia, mulai dari Marc Marquez, Cal Crutchlow, hingga Alex Rins.

"Hari yang menyedihkan di dunia balap motor. Afridza Munandar telah meninggal siang ini setelah kecelakaan dalam balapan Asia Talent Cup! RIP Afridza!" tulis Marquez di akun Twitter pribadinya.

"Berita yang sangat menyedihkan. Perhatian kami bersama Afridza dan semua keluarga dan teman-temannya saat ini. Istirahat dengan damai," tulis Crutchlow.

"Olahraga kami terkadang sangat sulit. Beristirahatlah dengan tenang Afridza Munandar. Hati kami bersama keluarga dan teman-temannya," tulis Alex Rins.

3 dari 3 halaman

Tampil Impresif

Pebalap Astra Honda, Afridza Munandar
Afridza Munandar mampu menempati podium ketiga ATC Buriram. (doc. Astra Honda)

Afridza Munandar merupakan satu di antara pembalap yang tampil impresif di ajang Asia Talent Cup 2019. Dari 10 balapan yang telah dijalani, Afridza berhasil meraih dua podium juara, dua kali runner-up, dan dua kali finis di peringkat ketiga.

Hasil tersebut membuat Afridza Munandar bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara pembalap Asia Talent Cup 2019. Dia mendulang 142 poin, tertinggal 27 angka dari Takuma Matsuyama yang berada di posisi teratas.

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Liontin Evangelina Setiawan Soal Tren dan Tips Aman Bersepeda