Sukses


Kronologi Kecelakaan yang Merenggut Nyawa Afridza Munandar

Bola.com, Sepang - Pembalap muda Indonesia, Afridza Munandar meninggal dunai setelah mengalami kecelakaan pada balapan pertama Asia Talent Cup (ATC) 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Dalam balapan 13 lap yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019), Afridza Munandar menempati posisi start kelima. Namun saat balapan dimulai, Afridza kehilangan tempatnya dan harus melorot ke urutan tujuh.

Ketika memasuki Tikungan 10 pada lap 1, pembalap berusia 20 tahun itu terjatuh dari motor, setelah bersenggolan dengan pembalap yang ada di depannya. 

Setelah insiden itu terjadi, race director mengibarkan bendera merah tanda balapan dihentikan.

Afridza mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis Sirkuit Sepang. Ia langsung diterbangkan dengan helikopter ke Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Berdasarkan keterangan pihak ATC, tim medis dan petugas rumah sakit telah berupaya keras, namun nyawa pembalap kelahiran Tasikmalaya itu tidak tertolong lagi.

Afridza mengalami luka parah setelah kecelakaan tersebut. Motornya juga rusak parah, terutama pada bagian depan alias fairingnya.

GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Afridza Munandar yang telah banyak menginspirasi pembalap Tanah Air lainnya dalam mewujudkan mimpi di dunia balap.

"Kami juga turut menyampaikan duka untuk keluarga yang ditinggalkan Afridza Munandar. Semoga diberi ketabahan dan selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar Muhib.

2 dari 3 halaman

Pernyataan ATC

Afridza Munandar adalah pembalap yang menonjol di IATC 2019. Ia meraih dua kemenangan, dua tempat kedua dan dua finis di tempat ketiga dalam satu musim.

"FIM, FIM Asia, Dorna Sports, dan semua yang ada di Idemitsu Asia Talent Cup menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Afridza Munandar."

3 dari 3 halaman

Belasungkawa Pembalap MotoGP

Sejumlah pembalap MotoGP yang juga sedang menjalani seri Malaysia, mulai dari Marc Marquez, Cal Crutchlow, hingga Alex Rins.

"Hari yang menyedihkan di dunia balap motor. Afridza Munandar telah meninggal siang ini setelah kecelakaan dalam balapan Asia Talent Cup! RIP Afridza!" tulis Marquez di akun Twitter pribadinya.

Día triste en el motociclismo. Ha fallecido Afridza Munandar esta tarde tras un accidente en la carrera de la Asian Talent Cup! RIP Afridza! 🙏Sad day for motorcycling. Afridza Munandar has passed away this afternoon after an accident in the Asian Talent Cup race! RIP Afridza🙏 pic.twitter.com/qe2xK6KgKf

— Marc Márquez (@marcmarquez93) November 2, 2019 

"Berita yang sangat menyedihkan. Perhatian kami bersama Afridza dan semua keluarga dan teman-temannya saat ini. Istirahat dengan damai," tulis Crutchlow.

Really sad news. Thoughts are with Afridza and all his family & friends at this time. Rest in peace https://t.co/3Qy1yexO67

— Cal Crutchlow (@calcrutchlow) November 2, 2019"Olahraga kami terkadang sangat sulit. Beristirahatlah dengan tenang Afridza Munandar. Hati kami bersama keluarga dan teman-temannya," tulis Alex Rins.

Our sport can be very tough sometimes. Rest in peace Afridza Munandar. Our hearts are with his family & friends 😔// Nuestro deporte puede ser muy duro a veces. Descansa en paz Afridza Munandar. Todo mi cariño a la familia y a los amigos😔 pic.twitter.com/nGSXTAUSYf

— Alex Rins (@Rins42) November 2, 2019

Video Populer

Foto Populer