15 Penyebab Ambeien atau Wasir Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

Oleh Novie Rachmayanti pada 04 Nov 2019, 19:50 WIB
Anak Muda Rentan Kena Ambeien?

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah kesulitan buang air besar hingga berdarah? Anda perlu waspada, bisa jadi itu adalah gejala ambeien atau wasir.

Ambeien atau wasir adalah salah satu penyakit dengan ditandai adanya benjolan pada anus. Benjolan itu akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang.

Penyakit ini biasanya muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Ambeien biasanya dialami orang yang kerap dan kelamaan mengejan saat buang air besar.

Penyakit ambeien dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Internal hemorrhoid. Kondisi ini akan muncul di saluran rektum atau ujung saluran pencernaan. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid. Ambeien ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal hingga nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Ambeien merupakan satu di antara penyakit berbahaya tidak menular. Apabila dibiarkan dan sudah parah, wasir harus diatasi melalui tahap operasi. Tentu cara tersebut membuat Anda menggelontorkan dana besar. Oleh sebab itu, Anda perlu mencegah dan menghindari penyebab wasir, serta mewaspadainya.

2 of 4

15 Penyebab Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasit disebabkan pembengkakan pembuluh darah vena. Pembengkakan itu bisa terjadi akibat meningkatnya tekanan di rektum pada bagian bawah. Faktor penyebab tekanan tersebut yaitu:

  1. Mengejan saat BAB
  2. Duduk terlalu lama
  3. Diare atau sembelit kronis
  4. Berat badan berlebih atau obesitas
  5. Hamil
  6. Kurang asupan makanan berserat

Faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebab ambeien atau wasir antara lain:

7. Sembelit kronis

Feses yang mengeras akibat sembelit akan membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan berlebihan tersebut bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, sehingga dapat menjadi penyebab wasir.

8. Kehamilan

Seiring usia kehamilan yang kian membesar, tentunya membuat rahim ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Setelah itu, tekanan rahim ini akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

9. Duduk terlalu lama

10. Sering Mengangkat benda berat

11. Faktor Usia

12. Melakukan hubungan sex tidak lazim

13. Menderita diare yang lama (diare yang tidak kunjung sembuh)

14. Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur

15. Kurang berolahraga

3 of 4

5 Gejala Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang memiliki beberapa gejala berikut, yakni:

  1. BAB berdarah berwarna merah terang dan tidak nyeri
  2. Gatal dan iritasi pada area rektum
  3. Nyeri dan rasa tidak nyaman
  4. Bengkak di sekitar anus
  5. Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus
4 of 4

Cara Mengatasi Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir yang belum terlalu parah bisa diatasi dan dicegah dengan cara alami tanpa biaya mahal. Sebut saja mengonsumsi makanan berserat dari buah atau sayuran. Cara ini bisa melunakkan tinja yang keras, sehingga menurunkan risiko terjadinya wasir. Cara lain mengatasi dan mencegah ambeien adalah sebagai berikut:

  1. Rajin berolahraga
  2. Konsumsi buah
  3. Konsumsi sayuran
  4. Rajin meminum yogurt dan susu
  5. Kurangi makanan pedas
  6. Jangan terlalu banyak duduk
  7. Kurangi konsumsi minuman bersoda dan alkohol
  8. Kurangi merokok
  9. Kurangi makanan yang memiliki rasa asam terlalu tinggi
  10. Konsumsi makanan rendah lemak
Lanjutkan Membaca ↓