Sukses


Afridza Munandar Meninggal di Sepang, 3 Sirkuit Ini Juga Berbahaya untuk Pembalap

Jakarta - Pembalap Indonesia, Afridza Munandar, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang. Afridza menjadi pembalap kelima yang tutup usia di sirkuit kebanggaan publik Malaysia tersebut. 

 

Afridza Munandar mengalami kecelakaan pada Tikungan 10 putaran pertama Race 1 Asia Talent Cup Sepang, Sabtu (2/11/2019). Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa pembalap 20 tahun itu tidak tertolong.

Meninggalnya Afridza mengingatkan publik akan nasib tragis Marco Simoncelli. Dia meninggal di Sirkuit Sepang setelah terlibat kecelakaan dengan Colin Edwards dan Valentino Rossi pada MotoGP Malaysia 2011.

Setelah Simoncelli ada tiga nama lain yang meninggal di Sepang. Muhammad Izzat (Malaysia, 2013), Milton Poh (Singapura, 2014), dan Amaludin Abd Rahman (Malaysia, 2014) afat saat menjalani Malaysian Super Series di sirkuit dengan panjang 5,542 km tersebut.

Selain Sepang, ada tiga sirkuit yang lebih berbahaya untuk pembalap, bahkan hingga memakan korban jiwa. Berikut ini adalah daftarnya:

2 dari 4 halaman

Isle of Man Mountain Course

Pertama kali digelar pada 1907, ajang balap di pulau yang memiliki luas 572 kilometer persegi tersebut dikenal sebagai yang paling berbahaya di dunia. Saking mencekamnya, juara dunia sembilan kali Valentino Rossi menolak ketika ditawari tampil pada 2009.

Sudah 258 nyawa melayang pada ajang balap jalan raya yang terletak di pulau di antara Britania dan Irlandia tersebut. Insiden pertama terjadi pada 1911 dan terakhir tahun 2018.

Panitia penyelenggara bukannya tidak berupaya meningkatkan keselamatan pembalap. Namun, semua usaha pencegahan belum membuahkan hasil signifikan.

3 dari 4 halaman

Indianapolis Motor Speedway

Lokasi untuk balapan legendaris Indy 500. Namun, sirkuit oval dengan panjang 4,023 km ini juga sering meminta nyawa. 

Tercatat ada 58 pembalap meninggal di Indianapolis Motor Speedway. Tidak seluruhnya terjadi di Indy 500.

Bill Vukovich dan Manny Ayulo berpulang ke Sang Khalik setelah kecelakaan di F1 1955. Sementara itu, Peter Lenz meninggal pada 2010 pada eksebisi MotoGP bertajuk US Grand Prix Riders Union.

4 dari 4 halaman

Nurburgring

Sirkut ini merupakan yang paling legendaris di Jerman. Lokasi balapan yang terletak di dekat Nurburg ini menggelar F1, Kejuaraan Dunia Balap Motor, hingga Superbike.

Meski tidak ada keterangan resmi, dokumen menunjukkan 58 pembalap meninggal di sana. Sementara itu, Jeremy Clarkson pada acara Top Gear pada 2004 mengklaim Nurburgring sudah meminta lebih dari 200 nyawa.

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Harley Ikhsan/Editor: Achmad Yani Yustiawan/Published: 3/11/2019)

Video Populer

Foto Populer