7 Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Novie Rachmayanti pada 05 Nov 2019, 18:20 WIB
Bumbu Dapur

Bola.com, Jakarta - Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan yang mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bumbu yang menyerupai biji-bijian ini kaya manfaat bagi kesehatan.

Ketumbar merupakan biji kering dari tanaman Coriandrum Sativum yang berbentuk kecil dan bulat yang biasa ditumbuk sebagai bahan masakan. Bahkan, salah satu jenis rempah ini juga kerap menjadi hiasan berbagai sajian masakan.

Selain sebagai bahan masakan, banyak pula yang menggunakan ketumbar sebagai ramuan obat tradisional. Bumbu masakan itu ampuh mengatasi bebagai keluhan seperti mual, masuk angin, dan diare.

Ketumbar mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, lemak baik, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Berbagai kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketumbar juga mengandung antioksidan cukup tinggi guna menangkal bakteri atau virus berbahaya, serta mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut adalah sederet manfaat ketumbar bagi kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019).

 

2 of 3

Manfaat Ketumbar bagi Kecantikan

Siapa sangka bahwa bumbu masakan ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Ketumbar bisa membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan, baik kulit maupun rambut.

1. Mencerahkan Wajah

Ketumbar bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Caranya, Anda bisa menggunakan masker ketumbar dengan menumbuk ketumbar dan dicampur sedikit air.

Setelah menjadi pasta, oleskan masker ketumbar pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Apabila sudah kering, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

2. Mengatasi Jerawat, Mengecilkan Pori-Pori, dan Atasi Minyak Berlebih

Selain mencerahkan wajah, ketumbar mampu mengusir jerawat membandel karena adanya kandungan vitamin dan antioksidan. Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu meraciknya sebagai masker ketumbar.

Ketumbar juga mampu mengecilkan pori-pori, sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat dan mengatasi wajah berminyak.

3. Menyehatkan Rambut

Ketumbar banyak digunakan sebagai campuran beberapa produk kesehatan rambut. Namun, Anda bisa menyehatkan rambut dengan cairan ketumbar alami.

Caranya, tumbuk ketumbar dan dicampur air secukupnya. Peras dan saring airnya untuk dijadikan shampo, kemudian bilas dengan air bersih.

 

3 of 3

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

4. Mengatasi Diare

Ketumbar mengandung minyak atsiri seperti borneol dan linalool. Kandungan tersebut dapat membantu pencernaan meningkatkan fungsi hati, dan mengatasi diare. Manfaat dari ketumbar ini ditemukan oleh sebuah penelitian dari Ethnobotanical Leafleats, yang menyatakan antibakteri ketumbar bermanfaat untuk menyembuhkan diare akibat mikroba dan jamur.

5. Mengatasi Mual

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketumbar berfungsi mengatasi mual, muntah, serta gangguan pada lambung, karena mengandung senyawa bioaktif dalam ketumbar.

6. Menyembuhkan Alergi

Ketumbar memiliki senyawa bersifat anti-histamin yang mampu mengurangi efek alergi. Anda bisa mengoleskan masker ketumbar atau minyak ketumbar pada kulit yang alergi.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketumbar kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Kandungan nutrisi tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi maula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata.

Lanjutkan Membaca ↓