Jarang Disadari, Ini 7 Manfaat Rambutan bagi Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Novie Rachmayanti pada 06 Nov 2019, 09:10 WIB
Buah rambutan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi buah rambutan? Ya, buah yang satu ini mudah ditemui di Indonesia karena hanya bisa tumbuh di negara tropis.

Rambutan baik dikonsumsi bagi pria maupun wanita, serta anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya masih ada orang yang enggan mengonsumsi buah rambutan karena tidak suka dengan bentuk kulitnya yang memiliki rambut.

Namun, rambutan memiliki kesegaran yang khas. Selain rasanya segar, rambutan bermanfaat bagi kesehatan mulai dari rambut, kulit, atau organ tubuh lainnya. Buah berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama latih Nephelium Lappaceum.

Tak kalah dengan jenis buah pada umumnya, rambutan juga kaya serat, vitamin, dan mineral. Seperti dirangkum dari Healthline, setiap 100 gram daging buah rambutan mengandung 1,3-2 gram serat. Serat tersebut tentu baik bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan.

Apabila memetik atau mengonsumsi 5-6 buah rambutan, Anda sudah bisa memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Rambutan juga akan memberikan senyawa antioksidan guna mencegah berbagai penyakit.

Berikut adalah segudang manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Bahkan, buah rambutan juga mampu mengatasi berbagai penyakit.

 

2 of 3

Manfaat Rambutan bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Rambutan dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah karena mengandung vitamin C cukup tinggi. Sehingga Anda akan terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

Vitamin C berperan memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Rambutan adalah satu di antara buah-buahan yang mampu mencegah penyakit ginjal. Buah ini mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal. Buah ini juga mengandung fosfor untuk menyaring racun dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Rambutan terbukti ampuh menurunkan berat badan, karena mengandung serat yang bernilai tinggi. Rambutan akan membantu mengeuarkan kalori dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi buah ini juga akan membuat Anda tidak cepat lapar ataupun haus.

4. Mengatasi Diabetes

Rambutan dipercaya ampuh mengatasi diabetes. Sebuah penelitian di China membuktikan kandungan fenolik buah rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

5. Menguatkan Tulang

Tak kalah dengan susu, rambutan juga memiliki kandungan yang mampu menyehatkan tulang. Rajin mengonsumsi rambutan bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis. Rambutan mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

 

3 of 3

Manfaat Rambutan bagi kecantikan

6. Mempercantik Kulit

Nutrisi dalam rambutan bermanfaat bagi kecantikan, yakni menyehatkan kulit. Rambutan mengandung vitamin C yang dapat melembapkan kulit dan meningkatkan kolagen. Selain dimakan langsung, Anda bisa menghaluskan bijinya sebagai masker kulit.

7. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Rambut

Vitamin C dalam rambutan juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Kandungan protein rambutan juga dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut.

Lanjutkan Membaca ↓